BMW salip Mercedes-Benz untuk merajai pasar mobil premium Indonesia tahun 2020

Tahun yang menantang dengan adanya pandemi COVID-19 ternyata membuat BMW Indonesia mampu menggeser Mercedes-Benz sebagai merek mobil dengan penjualan terbanyak di tahun 2020.

Pada tahun lalu berdasarkan data dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), BMW berhasil menjual secara retail sebanyak 2.082 unit sedangkan Mercedes-Benz menjual 1.780 unit.

Angka penjualan retail, sumber: Gaikindo.

Secara total BMW menguasai pangsa pasar 0.4% dari keseluruhan penjualan mobil di Indonesia yang mencapai 578.327 unit secara retail pada tahun lalu.

Angka dari Gaikindo tentu lebih kecil karena hanya merekam data penjualan mobil baru dan ada yang harus diklarifikasi karena data penjualan Mercedes-Benz di bulan Desember masih kosong.

BMW Indonesia sendiri belum merilis angka penjualannya secara resmi, dan umumnya angka penjualan yang dirilis merupakan gabungan antara penjualan BMW dan MINI serta mobil bekas bersertifikasi.

Mercedes-Benz sendiri telah merilis data penjualan sebanyak 2.226 unit pada tahun lalu.

Sales BMW melakukan penjualan secara online.

BMW Indonesia memang cukup agresif tahun lalu dengan melakukan berbagai macam kampanye promosi secara online dan beberapa acara terbatas dengan pelanggannya.

Hasilnya semua inisiatif ini berhasil meredam penurunan penjualan karena COVID-19, karena penjualan retail sebanyak 2.082 unit pada tahun ini hanya merupakan penurunan sebanyak 16.72% dibandingkan 2.500 unit pada tahun 2019.

Written by

Seorang jurnalis veteran dengan pengalaman lebih dari satu dekade untuk penulisan tentang bisnis dan lifestyle. Salah satu reviewer otomotif terkemuka di Indonesia dengan pengalaman mencoba mobil-mobil di segmen luxury di berbagai negara, sudah menulis puluhan mobil dari premium sampai ke ultra-luxury, dari Rolls-Royce Phantom sampai ke Bugatti Chiron.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: