Pengguna Rolls-Royce: New Rolls-Royce Ghost berlawanan dengan tren desain mobil lain

The Spirit of Ecstasy di New Ghost (Image courtesy of Rolls-Royce Motor Cars).

Merek mobil super mewah asal Inggris, Rolls-Royce Motor Cars baru saja merilis mobil Ghost terbaru. Untuk membuat generasi terbaru mobil tersukses ini, Rolls-Royce semenjak lima tahun lalu telah berdialog dengan banyak pelanggan di seluruh dunia. Hasil ini untuk mengetahui apa yang disukai dan pembaharuan diinginkan oleh pecinta Rolls-Royce.

Stanley Setia Atmadja dan koleksi mobil klasiknya (Image courtesy of Yessar Rosendar)

Hasil dari penelitian ini adalah filosofi “Post Opulence” atau “Pasca Kemewahan” yang digunakan untuk mengembangkan mobil New Ghost. Para pemilik Rolls-Royce menginginkan sebuah mobil yang lebih minimalis, sehingga desain mobilnya harus dibatasi, cerdas dan tidak mengganggu.

Pendekatan ini demi menghindari mobil dari Rolls-Royce menjadi sebuah kemewahan yang medioker, atau sebuah produk yang dangkal, seperti menggunakan branding yang besar atau, dalam konteks mobil, contohnya menggunakan jahitan rumit untuk menciptakan ilusi kemewahan.

Pendekatan minimalisme digunakan untuk merancang New Ghost (Image courtesy of Rolls-Royce Motor Cars).

Sepertinya pendekatan yang dilakukan Rolls-Royce dalam mengembangkan New Ghost sudah ke arah yang benar dan membuatnya unik, sesuai seperti apa yang disampaikan oleh Stanley Setia Atmadja, ketua dari Rolls-Royce Owners Club Indonesia.

“Menurut saya secara eksterior konsep desainnya bertolak belakang dengan tren desain mobil lain,” Ujar Stanley.

Bagi Stanley, kebanyakan mobil baru memiliki grill yang besar tidak seperti New Ghost yang mengambil pendekatan minimalis. Ia melihat grill yang lebih kecil ini dan perubahan di posisi Spirit of Ecstasy telah memberi kesan yang lebih elegan. Banyak juga detail-detail kecil yang disukai Stanley, seperti tidak adanya separate signal light dan lampu depan yang simply square.

Interior New Ghost (Image courtesy of Rolls-Royce Motor Cars).

Sedangkan untuk interior mobil, Stanley juga melihat konsep minimalis konsisten menjadi acuan. Dengan desain dashbor yang lebih rendah dan simpel, interior ini menjadi lebih menarik terlebih ketika ada bintang yang melintas di starlight headliner mobil.

Selebihnya, Stanley meyakini bahwa New Ghost yang dirancang ulang dari nol ini mempunyai desain sasis dan handling yang lebih baik. Tidak lupa mesin yang lebih powerful akan melengkapi kesempurnaan dari New Ghost ini dibandingkan mobil super mewah yang lain.

Untuk spek dan trim impiannya, Stanley akan menggunakan cat single tone untuk eksterior karena konsep minimalis New Ghost. Jika pada umumnya banyak konsumen Rolls-Royce memilih warna hitam, Stanley pun tetap memilih warna gelap tapi dengan nuansa dark blue metallic.

“Dengan warna ini mobilnya akan terlihat seperti berwarna hitam pada malam hari dan pada siang hari akan terlihat dark blue metallic,” ungkap Stanley.

Kontras dengan warna eksterior, Stanley akan memakai warna plain white atau putih untuk interiornya yang dipercantik dengan garis-garis berwarna biru dan dilengkapi dengan karpet berwarna biru tua.

“Saya tidak ingin banyak jahitan di sekitar kursi, mungkin akan lebih cantik jika memakai garis list daripada jahitan,” jelas Stanley.

Versi bahasa Inggris dari artikel ini bisa dilihat di sini.

1 komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: