Penjualan BMW Group Indonesia naik 11% ke 3,675 unit di tahun 2019

Ramesh Divyanathan, President Director BMW Group Indonesia (tengah) (Foto: BMW Group Indonesia)

BMW Group Indonesia sukses catat pertumbuhan penjualan kendaraan sebesar 11% pada tahun 2019, dengan total transaksi 3,675 unit kendaraan dibandingkan 3,394 unit di tahun sebelumnya. Untuk tahun ini penjualan BMW Group Indonesia terdiri dari 2,943 unit BMW dan 732 unit MINI, termaksud di dalamnya BMW Certified Used Car dan MINI Certified Used Car.

Tren positif ini adalah peningkatan dari tahun 2018 dimana pertumbuhan merek asal Jerman ini sempat flat, dengan hanya tumbuh 1.2% dari 3,353 unit di tahun 2017.

“BMW Group Indonesia mengalami pertumbuhan sekali lagi pada tahun 2019. Ini berarti bahwa BMW Indonesia telah memilih strategi yang tepat untuk memenuhi kebutuhan pelanggannya meskipun ada sejumlah halangan. Ini termasuk penurunan volume industri otomotif secara keseluruhan, perubahan peraturan, dan ketidakpastian yang disebabkan oleh pemilu,” Ujar Ramesh Divyanathan, President Director BMW Group Indonesia dalam rilis yang diterima redaksi.

Penjualan kendaraan baru BMW naik 6% pada 2019 menjadi 2,500 unit (dibandingkan dengan 2,360 unit tahun sebelumnya). Permintaan yang kuat untuk rangkaian kendaraan SUV berkontribusi terhadap pertumbuhan volume penjualan ini.

BMW X3 sDrive20i (Foto: BMW Group Indonesia)

BMW X3 terbaru mencatat pertumbuhan tertinggi dari semua model dengan peningkatan 119%, dengan penjualan 265 unit, diikuti oleh BMW X5 terbaru yang terus perkuat posisinya dengan pertumbuhan hingga 114%, dengan total penjualan 327 unit. 

Tiga model terlaris BMW pada 2019 adalah BMW X1 dengan kontribusi 26% dari total penjualan, diikuti oleh BMW Seri 3 (24%) dan BMW Seri 5 (17%).

BMW i3s di GIIAS 2019 (Foto: BMW Group Indonesia)

Dari sub-brand BMW i, BMW i3 mencatatkan tahun 2019 sebagai titik penting dalam perkembangan kendaraan listrik di Indonesia. Peluncuran BMW i3 yang dioperasikan dengan baterai listrik di Gaikindo Indonesia International Auto Show 2019 tandai babak baru bagi BMW Indonesia. Model ini merupakan kendaraan listrik pertama yang dijual secara resmi oleh BMW di Indonesia.

“BMW Indonesia adalah satu-satunya merek yang secara konsisten dan efektif berkomunikasi tentang kendaraan listrik sejak 2014 dan terus menjadi pelopor dalam bidang ini. Terdapat kampanye komunikasi yang terdokumentasi di media cetak dan elektronik tentang tahap bagaimana BMW i diperkenalkan di Indonesia dan, sampai sekarang, BMW Indonesia masih dianggap sebagai pelopor dalam perkembangan teknologi kendaraan listrik di Indonesia. Terlebih lagi, BMW adalah satu-satunya brand premium di Indonesia yang secara resmi menjual kendaraan listrik sepenuhnya – lengkap dengan infrastruktur pendukung,” tambah Ramesh.

MINI di GIIAS 2019 (Foto: BMW Group Indonesia)

Sementara itu penjualan MINI mencatatkan rekor dengan penjualan 700 unit pada 2019 (lompatan 34.6% dari angka tahun sebelumnya 520 unit). Penjualan MINI Countryman meningkat tajam dengan pengiriman 273 unit (naik 46.8% dari 186 unit tahun sebelumnya), sementara penjualan MINI 3-Door juga naik menjadi 260 unit (naik 32% dari angka tahun sebelumnya 197 unit).

“Tahun ini akan menjadi tahun yang menantang namun sangat menarik bagi BMW dan MINI. Dengan jajaran model inovatif dan rencana strategis yang baik untuk menangkan segmen pasar target baru, BMW Group Indonesia yakin akan hadapi tantangan tahun ini dan mencapai pertumbuhan yang kuat di Indonesia. Indonesia memiliki basis konsumsi domestik yang besar dan kelas menengah ke atas yang terus tumbuh, dan BMW Group Indonesia percaya akan terus tumbuh secara substansial. Dengan peningkatan tersebut dan tumbuhnya brand awareness BMW dan MINI di Indonesia, BMW Group Indonesia yakin dapat terus tumbuh dan memenuhi kebutuhan pelanggan di Indonesia yang terus berkembang,” tutup Ramesh.

Versi bahasa Inggris dari artikel ini bisa dibaca di tautan ini.

1 komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: