Penjualan BMW Indonesia naik 17% di 2021, hampir samai pencapaian sebelum pandemi

BMW X1

Penjualan mobil mewah mulai pulih pada tahun lalu, terbukti dengan BMW Group Indonesia yang mencatatkan penjualan mobil BMW baru yang mencapai 2.433 unit pada tahun lalu. Angka ini naik 17% jika dibandingkan dengan 2,082 unit di tahun 2020 dan hampir menyamai angka sebelum pandemi yaitu 2.500 unit di tahun 2019.

Secara grup, BMW Group Indonesia mencatatkan penjualan 3.102 unit pada tahun lalu atau kenaikan 21% dibandingkan 2.565 di tahun 2020. Ini berkat tambahan penjualan MINI yang mencapai 669 unit pada tahun lalu, tumbuh 39% dibandingkan 483 unit pada tahun sebelumnya.

“BMW memimpin kompetisi di segmen kendaraan premium Indonesia dan mengungguli semua kompetitornya. Hal ini menunjukkan bahwa pendekatan strategis kami – yang memprioritaskan pelanggan dan berupaya menyediakan layanan hybrid yang nyaman serta berbagai model yang beragam – membuahkan hasil nyata. BMW Group Indonesia juga buktikan posisinya sebagai pelopor dalam interaksi virtual dan online, kami juga meluncurkan sebanyak lebih dari 28 model BMW dan MINI baru sepanjang 2021,” ujar Ramesh Divyanathan, President Director BMW Group Indonesia dalam keterangan tertulisnya.

Secara keseluruhan, kendaraan SUV berkontribusi 54% terhadap total penjualan BMW. Ketiga model terlaris BMW pada tahun 2021 adalah BMW X1, yang menyumbang 27% dari total penjualan, BMW Seri 3 (25%), dan BMW Seri 5 (11%). Penjualan BMW M yang niche juga cukup memuaskan, dengan BMW M3 dan M4 yang alokasinya habis terjual pada tahun lalu. Pada tahun 2021, penjualan BMW M dan BMW M-Performance Automobiles memecahkan rekor sepanjang masa dengan 132 unit, melebihi rekor tertinggi sebelumnya yaitu 89 unit pada tahun 2015. Ketiga model BMW M teratas pada 2021 adalah BMW M2 Competition (30%), BMW M4 Competition Coupè (18%), dan BMW M3 Competition (14%).

BMW 320i Dynamic

Sementara itu merek MINI juga memberi kontribusi yang signifikan, berkat tiga belas model baru yang diluncurkan pada tahun 2021 – termasuk empat model baru yang menampilkan tag “edisi terbatas” Tahun lalu MINI melakukan perombakan intensif untuk MINI 3-Door, MINI 5-Door dan MINI Cabrio. Ketiga model MINI dengan penjualan tertinggi pada tahun lalu adalah MINI Countryman rakitan lokal (38%), diikuti oleh MINI 3-Door (35%) dan MINI 5-Door (10%).

Pasar otomotif Indonesia meningkat secara positif sepanjang 2021 berkat dukungan pemerintah dalam insentif PPnBM. Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) mencatatkan pertumbuhan domestik penjualan kendaraan secara retail hampir mencapai 50% dibandingkan dengan tahun 2020, dan segmen premium tumbuh lebih dari 9%.

“Tahun ini, BMW Group Indonesia akan meluncurkan tidak hanya satu melainkan tiga kendaraan listrik flagship inovatif – BMW i4, BMW iX, dan MINI Electric. Peluncuran model-model ini dan fokus keseluruhan pada BMW i menekankan fakta bahwa 2022 adalah tahun E-Mobility,” tutup Ramesh. 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: