Patek Phillippe rilis jam minute repeater dengan loudspeaker mekanikal, hasilkan dentingan bel enam kali lebih kencang

Minute repeater merupakan komplikasi jam yang paling rumit. Mekanisme ini membuat jam bisa mendentingkan informasi waktu lewat satu sentuhan tombol, lewat pukulan sebuah gong di dalam jam. Yang membuat kompilkasi ini menjadi sangat mahal adalah, fungsi alarm ini dihasilkan lewat proses mekanikal dan bukan menggunakan sebuah baterai. Patek Philippe merupakan salah satu merek jam yang terkenal untuk komplikasi yang super rumit ini dan mereka baru aja membuat terobosan terbaru yang membuatnya ke tingkat selanjutnya.

Philippe menutup tahun 2021 dengan jam terbaru yang memiliki terobosan teknologi yang menakjubkan. Lewat Ref. 5750 “Advanced Research” minute repeater, Patek Philippe membuat terobosan terbaru untuk mekanisme minute repeater dengan modul Fortissimo “FF” yang membuat suara dentingan bel menjadi lebih kencang dan mampu terdengar enam kali lebih jauh. Jika sebuah minute repeater biasa bisa menghasilkan dentingan yang bisa didengar sampai 10 meter, maka jam terbaru ini bisa didengar sampai 60 meter.

Modul Fortissimo “FF” terdiri dari beberapa penemuan dan empat paten baru dalam pembuatan jam tangan mekanikal. Modul ini memiliki memiliki sound level dan sebuah oscillating wafer yang terbuat dari kaca safir setebal 0.2 mm. Patek mengklaim bahwa modul ini membuat suara yang dihasilkan menjadi lebih kencang dan lebih merdu untuk didengar. Jika pada jam tangan minute repeater pada umumnya suara bel disalurkan ke semua badan case, maka pada modul Fortissimo dengan cerdik menyalurkan atau memadatkan suara bel ke empat lubang suara yang terbuat dari titanium yang terletak di posisi jam 12,3,6, dan juga 9.

Movement yang dipakai oleh jam ini merupakan pengembangan dari caliber R 27, movement yang Patek Philippe rilis pada tahun 1989 ketika melakukan grand comeback untuk jam minute repeater. Para insinyur di Patek Philippe Advanced Research berusaha mencari cara untuk membuat dentingan bel menjadi lebih keras secara mekanis, sembari mempertahankan kualitas suara yang dihasilkan dan ukuran yang sekecil mungkin.

Suara dentingan yang dihasilkan juga diklaim lebih halus dengan adanya pengunaan minirotor yang kini terbuat dari platinum, menggantikan bahan emas 22 karat. Platinum mempunyai kepadatan bahan yang lebih baik, sehingga bagian ini bisa menjadi lebih tipis dan mengurangi ketebalan modul tambahan Fortissimo.

Jam berukuran 40 mm ini merupakan edisi terbatas yang hanya dibuat sebanyak 15 buah dengan case yang terbuat dari platinum 950. Penggunaan modul ini membuat material case tidak berpengaruh terhadap kualitas suara dari komplikasi minute repeater, untuk itu Patek menggunakan bahan platinum yang dikenal paling menantang dari segi akustik.

Secara tampilan jam tangan terbaru ini juga sangat unik dengan desain dial yang terinspirasi dari ban mobil vintage. Keseluruhan paket ini tentu tidak murah, karena jam tangan ini diberitakan berharga Rp 9,1 miliar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: