Staria: penantang hegemoni Toyota Alphard dari Hyundai

Hyundai Motors Indonesia sebagai distributor resmi mobil Hyundai baru saja meluncurkan multipurpose vehicle (MPV) premium Staria ke pasar Indonesia, tersedia dengan pilihan 7 dan 9 penumpang yang hadir dengan desain futuristik yang segar, inovatif, dan kaya fitur.

Untuk pasar premium kita akan fokus ke varian Signature 7 atau 7-penumpang yang memiliki kursi captain seat di baris kedua, dan dengan harga Rp 1,02 miliar (on the road) mobil ini akan menantang MPV premium terpopuler saat ini, Toyota Alphard yang memiliki harga mulai dari Rp 1,21 miliar untuk varian 2.5 G A/T.

Dengan harga yang lebih terjangkau hampir Rp 200 juta dibandingkan Alphard, konsumen sekarang memiliki lebih banyak pilihan ketika akan meminang sebuah MPV premium.

Menumbangkan hegemoni dari Toyota Alphard yang telah terjual hampir 26 ribu unit dari peluncuran resminya di Indonesia tahun 2008 akan menjadi tantangan yang berat.

Namun Hyundai Staria menjadi salah satu penantang terbaik untuk Alphard saat ini, karena konsumen akan mempertimbangkan faktor harga dan nilai yang ditawarkan.

Staria menawarkan nilai yang cukup menarik dengan desain yang unik, dimensi yang lebih besar, dan beragam fitur dengan harga yang lebih terjangkau.

Desain futuristik dan dimensi yang lebih besar dari Alphard

Nilai lebih terbesar mobil ini adalah desainnya yang tidak biasa dan sangat segar jika dibandingkan dengan kompetitornya, dengan eksterior yang memiliki siluet futuristik, kesan yang bersih, ramping, dan menyerupai pesawat luar angkasa.

Memang urusan desain, tidak semua orang akan menyukai pendekatan futuristik dari Staria. Namun bagi yang mencari desain yang segar dan inovatif, maka mobil ini akan sangat menarik.

Mobil ini memiliki desain dengan wow factor dan akan membuat orang menoleh ketika melintas karena tampilannya yang tidak biasa.

Tampilan depan mobil ini begitu bersih dengan setengah bagian yang rata dan mulus, dijembatani oleh LED Daytime Running Lights (DRL) horizontal yang memisahkan grille besar berbentuk kotak dengan balutan chrome dan lampu depan LED projector yang ditempatkan di setiap sisi.

Menambah kesan mewah, STARIA dilengkapi dengan roda atau alloy wheels 18-inci yang menampilkan warna permukaan elegan dengan nuansa Dark Chrome dan Tinted Brass Chrome yang juga terletak pada grille depan, rangka lampu depan, cover spion luar, emblem, dan gagang pintu.

Sementara bagian belakang dari Staria terlihat cukup konservatif dan mirip dengan MPV lainnya, dengan bentuk yang boxy dan kaca belakang yang besar.

Yang cukup berbeda hanya desain tail light parametric pixel yang unik dan menarik.

Dari segi dimensi, secara mengejutkan Staria memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan Alphard.

Walaupun terlihat ramping berkat desainnya yang bersih, Staria memiliki lebar hampir 2 meter dibandingkan Alphard yang 1,85 meter.

Staria juga lebih panjang daripada Alphard, dengan 5,25 meter dibandingkan 4,94 meter.

Untuk urusan wheelbase atau sumbu roda yang umumnya menentukan luasnya kabin penumpang, Staria juga menawarkan kabin yang lebih lapang dengan sumbu roda sepanjang 3,27 meter dibandingkan Alphard yang hanya 3 meter.

Kabin yang nyaman namun terlihat biasa saja

Sayangnya, interiornya tidak secemerlang desain eksteriornya. Ada kelebihan dan kekurangan yang calon konsumen harus cermati ketika akan meminang Staria.

Interior Staria terinspirasi dari ruang tunggu kapal penjelajah atau kapal cruiser ketika sedang berlayar di laut, desainnya unik dengan bentuk yang nyaman dan sederhana dengan jendela panoramic di kursi baris kedua, serta tirai yang dapat dibuka dan ditutup secara manual di kursi baris kedua dan ketiga untuk privasi penumpang.

Staria diklaim memiliki ruang kaki yang luas dan salah satu yang terbaik di segmennya. Ruang kaki di Signature 7 adalah 1,02 meter di baris pertama, 1,4 meter di baris kedua, dan 1.25 meter di baris ketiga.

Kabin di bagian depan memiliki desain yang identik dengan mobil-mobil Hyundai terbaru, dengan adanya TFT LCD Instrument Cluster berukuran 10,25 inci, layar sentuh 8 inci dengan Radio AM/FM, streaming audio Bluetooth, layar sentuh fasia tengah, dan tombol transmisi Shift-by-Wire.

Kaca mobilnya yang besar dan dual sunroof dengan fitur tilting & slide akan memberikan kesan lega dan luas untuk interiornya.

Staria menawarkan ambient mood lights yang memberikan suasana interior yang menarik dan nyaman.

Pencahayaan langsung dan tidak langsung juga diklaim secara harmonis dapat secara selektif menerangi kokpit, konsol, pintu, dan area penyimpanan bagasi.

Kabin belakang adalah bagian terpenting dan alasan utama untuk membeli sebuah MPV premium, karena kenyamanan di bagian ini sangat krusial bagi penggunanya.

Kursi baris kedua Staria terlihat cukup menjanjikan, dengan Premium Relaxation Seats di baris kedua yang memiliki desain yang mewah, nyaman, dan dapat direbahkan secara otomatis.

​​Dengan sekali sentuh kursi dapat direbahkan ke posisi nyaman secara otomatis, membagi berat penumpang, dan meningkatkan keseimbangan tubuh secara keseluruhan.

Fitur penghangat dan pendingin kursi di baris kedua pada Signature 7 juga dapat disesuaikan dengan kebutuhan penumpang, dan masing-masing terdiri dari tiga level.

Staria juga hadir dengan sistem kontrol udara yang canggih untuk mengontrol sirkulasi udara dengan mudah melalui filter di HVAC pada bagian belakang kendaraan. Jumlah ventilasi disesuaikan dengan jumlah kursi di setiap tipe, dengan Signature 7 memiliki 4 ventilasi.

Untuk kenyamanan penumpang mendengarkan hiburan seperti musik atau film, Staria juga memiliki BOSE Premium Sound System yang menghasilkan suara jernih, dilengkapi dengan Dynamic Speed Compensation, yang secara otomatis menyesuaikan volume suara dengan kecepatan mobil.

Saat dibutuhkan, pengguna dapat mengisi daya gadget mereka selama perjalanan karena STARIA memiliki Wireless Smartphone Charging dan port USB charge untuk semua baris kursi.

Namun sayangnya secara keseluruhan, kabin belakang Staria terlihat biasa saja. Ini karena permukaan panel sisi yang flat atau rata, memberikan aura mobil van yang sangat kentara. Aksen panel bergaris dengan ambient lighting tidak terlalu membantu mengangkat interior mobil ini menjadi lebih mewah.

Ditambah lagi kaca untuk kursi baris kedua hanya bisa dibuka dengan digeser yang mencederai kesan premium kabin belakang.

Mesin diesel yang halus, efisien, dan bertenaga

Mesin yang digunakan Staria tidak sefuturistik tampilannya yang mirip mobil listrik dari masa depan.

Tidak ada motor listrik atau pun system hybrid disini.

Staria menggunakan mesin turbo diesel yang telah teruji di model-model Hyundai yang lain, seperti di Hyundai Palisade.

Mobil ini diperkuat mesin diesel R2.2 VGT dengan transmisi otomatis 8-percepatan. Tipe powertrain yang disematkan ini memungkinkan Staria memperoleh performa hingga 177 PS/3.800 rpm dan torsi maksimal 430 Nm/1.500-2.500 rpm.

Panoramic skyline and buildings with empty road

Fitur Keamanan dan Fitur Dukungan Keselamatan Pengendara yang lengkap

STARIA memiliki berbagai sistem dan sensor yang merupakan bagian dari teknologi keamanan untuk memberikan peringatan kepada pengguna dan membantu mengambil tindakan pencegahan dalam situasi tabrakan.

Teknologi keselamatan dapat membantu membuat perjalanan lebih aman dan juga mendukung pengemudi untuk mengidentifikasi potensi bahaya, dan membantu mengurangi risiko kecelakaan.

Forward Collision-Avoidance Assist (FCA), yaitu sistem yang secara otomatis memperingatkan potensi risiko tabrakan dari depan, dan jika diperlukan, akan secara otomatis melakukan pengereman jika sistem menilai akan terjadi tabrakan dengan kendaraan atau pejalan kaki di depan mobil.

Blind-Spot Collision-Avoidance Assist (BCA) dan Blind-Spot Collision-Avoidance Warning (BCW) yang dapat mendeteksi dan memantau kendaraan yang datang dari belakang dan membantu menghindari tabrakan dengan memberikan peringatan dan mengaktifkan rem secara otomatis jika diperlukan.

Sistem keamanan ini juga sekarang mencakup situasi ketika akan keluar dari posisi parkir paralel.

Mobil ini juga dilengkapi dengan fitur khas mobil Hyundai yang tidak terdapat pada mobil lain, seperti Blind-Spot View Monitor (BVM) yang menampilkan area blind spot di bagian belakang kendaraan, dan tampilan visual BVM terletak di panel cluster mobil saat mengemudi. BVM akan berfungsi jika lampu sein diaktifkan dalam situasi pengemudi ingin berpindah jalur saat berkendara.

Fitur khas lainnya adalah Safe Exit Assist (SEA) dan Safe Exit Warning (SEW), yang dapat membantu menghindari tabrakan atau kecelakaan jika penumpang di baris kedua turun dari mobil jika kendaraan datang dari belakang.

Fitur keselamatan lain yang juga dimiliki STARIA adalah Rear Cross-Traffic Collision-Avoidance Assist (RCCA) dan Rear Cross-Traffic Collision Warning (RCCW), yang mendeteksi kendaraan yang mendekat dari belakang kanan atau kiri.

Sebuah tanda peringatan akan muncul menginformasikan pengguna bahwa mobil datang dari belakang, di mana sistem juga akan secara otomatis mengerem jika diperlukan.

Lane Keeping Assist (LKA) membantu mendeteksi marka jalan pada kecepatan tertentu. Jika kendaraan mulai keluar jalur, sistem akan memberikan peringatan visual dan audio, dan jika diperlukan, akan melakukan intervensi ke roda kemudi untuk menjaga mobil tetap pada jalurnya.

Sementara itu, Lane Following Assist (LFA) akan membantu mengendalikan kemudi mobil secara otomatis agar tetap berada di tengah jalur.

Staria juga memiliki fitur canggih dan fitur kenyamanan dengan kemampuan mengenali keberadaan penggunanya yang membawa kunci pintar atau smart key mobilnya dalam jarak dekat dengan pintu, yaitu fitur Smart Power Tailgate, tempat bagasi pintu dapat otomatis membuka/menutup saat pengguna ingin memasukkan barang bawaannya ke bagasi, serta fitur Smart Power Sliding Door yang secara otomatis membuka pintu geser baris kedua saat penumpang mendekat.

Layanan purna jual menarik

Hyundai Motors Indonesia telah menyiapkan berbagai macam program purna jual untuk meningkatkan kepercayaan dan kepuasan pelanggan ketika memiliki STARIA, antara lain:

● Hyundai Call Center selama 24 jam di 0-800-1-878-878

● Garansi dasar 3 tahun atau 100.000 km ( yang mana tercapai lebih dulu)

● Gratis biaya jasa perawatan hingga 5 tahun atau 75.000 km (yang mana tercapai lebih dulu & hanya untuk biaya jasa)

● Gratis suku cadang hingga 3 tahun atau 45.000 km (yang mana tercapai lebih dulu & sesuai jadwal perawatan rutin)

● Gratis 24 jam Roadside Assistance (melalui Call Center Hyundai di 0-800-1-878-878)

● Dukungan Program Layanan Hyundai Datang ke Mana Saja

Staria telah tersedia di seluruh dealer resmi Hyundai mulai 20 Agustus 2021, dan melalui online platform Click-to-Buy yang dapat diakses melalui situs resmi Hyundai Motors Indonesia (www.hyundai.com/id/id).

Click-to-Buy adalah sebuah platform penjualan online yang didesain untuk pengalaman retail online tanpa perlu interaksi secara langsung, sehingga lebih aman dalam situasi pandemi seperti saat ini. Melalui Click-to-Buy, pelanggan dapat melihat seluruh lini produk Hyundai, melakukan reservasi test-drive, dan juga melakukan pemesanan unit kendaraan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: