Inilah kelebihan Porsche Taycan yang membuatnya laris manis di Asia dan Indonesia

Porsche Asia Pasifik baru saja mencapai rekor penjualan pada enam bulan pertama tahun 2021, dengan pertumbuhan 87% dibandingkan tahun sebelumnya. Yang mengejutkan adalah 47% dari semua unit yang dikirimkan adalah kendaraan listrik penuh atau hibrida plug-in.

Seperti yang kita tahu, Porsche baru saja merilis mobil listrik pertamanya Porsche Taycan di Asia Pasifik pada akhir tahun 2019 dan baru saja diperkenalkan di pasar Indonesia pada bulan Februari tahun ini. Sekitar 70% pembeli Taycan adalah pelanggan baru bagi Porsche, yang menandakan model ini memiliki daya tarik yang kuat di pasar Asia Pasifik.

“Ketika dikemudikan Taycan terasa seperti Porsche dan memiliki jiwa dari Porsche, saya percaya di wilayah Asia para pelanggan menginginkan produk terbaru dan terbaik, saya percaya Taycan adalah mobil terbaik untuk saat ini,” kata Arthur Willmann, Chief Executive Officer Porsche Asia Pasifik.

Arthur juga menambahkan bahwa Taycan sangat cocok untuk dipakai di kota-kota metropolis di Asia karena memiliki performa dan jarak tempuh yang sangat mumpuni.

“Dalam pengetesan kami Taycan bisa sampai memiliki jarak tempuh lebih dari 500 km dan ini sangat bagus, Anda bisa berjalan tanpa pengecasan berminggu-minggu jika hanya menggunakannya di dalam kota,” ujar Arthur.

Terlebih infrastruktur pengecasan sudah mulai banyak tersedia di kota-kota besar dan pelanggan bisa mengisi daya ketika beraktifitas. Ditambah lagi ketika sedang dalam pengisian, Taycan bisa melakukan precooling atau menyalakan AC sebelum penggunanya kembali masuk ke mobil yang sangat cocok untuk wilayah panas seperti di Asia.

Saat ini Porsche telah bekerja sama dengan Shell untuk jaringan pengisian daya tinggi (HPC) lintas batas pertama di Asia Tenggara. Fasilitas pengisian ini menawarkan kapasitas pengisian daya tertinggi di seluruh Singapura dan Malaysia dengan pengisi daya arus searah (DC) 180 kW.

“Kolaborasi kami dengan Shell untuk pengisian daya cepat juga berpotensi merambah ke negara-negara lain,” ungkap Arthur.

Untuk pengisian daya cepat, Porsche mengembangkan jaringan Porsche Destination Charging. Porsche sendiri baru saja menambahkan satu fasilitas baru di Sentosa Golf Club Singapura untuk penggunaan gratis oleh semua kendaraan listrik dan kendaraan hibrida plug-in dengan konektor pengisian CCS Tipe 2.

Dalam hal produk sendiri, Porsche Taycan kini memiliki berbagai macam varian untuk memenuhi kebutuhan pembelinya. Mulai dari Taycan varian entri level dengan penggerak roda belakang dan satu motor listrik, sampai ke varian berperforma tinggi yaitu Taycan Turbo S yang memiliki empat motor listrik di seluruh rodanya dan mampu menghasilkan tenaga 750 tenaga kuda.

Untuk personalisasi kendaraan, Porsche Taycan pun memiliki 600 opsi yang bisa dipilih pembelinya. Ini termasuk banyak sekali warna-warna yang menarik, seperti contohnya cat Frozen Berry yang dimiliki oleh Taycan Rear Wheel Drive.

Menurut Arthur, secara keseluruhan Porsche Taycan memberikan pengalaman yang sangat baik bagi para pelanggan. Ini berdasarkan dari pendapat dari para pelanggan setelah mengemudikan mobilnya. Porsche Taycan diklaim memiliki sensasi berkendara seperti Porsche 911 namun dengan karakteristik sebuah mobil listrik. Bagaimana mobil ini menikung dan kekakuan sasisnya khas seperti tipikal sebuah Porsche.

“Porsche Taycan adalah produk yang bagus dan meyakinkan, memberikan pengalaman pengguna yang juga baik sehingga pelanggan baru datang dan juga pelanggan yang telah ada mempromosikan mobil ini kepada koleganya,” kata Arthur.

Porsche Asia Pasifik juga bergerak cepat untuk merangkul para pelanggan ketika pandemi COVID-19 terjadi dan menghambat mobilitas pelanggan, termasuk dalam melihat mobil di showroom atau mengirimkan mobil mereka untuk diservis.

“Kami bereaksi sangat cepat, merangkul pelanggan dan menghubungi mereka, kita memastikan bahwa semua layanan bisa berjalan,” ungkap Arthur.

Di Indonesia sendiri, Porsche di bawah naungan PT Eurokars Artha Utama selaku importir resminya juga mendapatkan respons yang sangat baik untuk Porsche Taycan. Ini terbukti dari pesanan yang cukup baik dan melebihi ekspetasi, Eurokars sendiri sekarang sedang mengamankan stok tambahan untuk memenuhi permintaan para pelanggan.

“Pelanggan kami sangat senang dan cukup terkejut dengan Porsche Taycan, mereka juga sangat senang mengetahui bahwa kami memiliki tim khusus yang memasang charger di rumah mereka dengan aman,” ujar Jason Broom, Managing Director Porsche Indonesia.

Klaim oleh Porsche ini pun diamini oleh Ali Setiawan, penggemar mobil sport yang baru-baru ini membeli Porsche Taycan. Ali merupakan mantan ketua Porsche Club Indonesia periode 2015 sampai 2018 yang sangat menggemari mobil sport dari Porsche.

“Saya awalnya sangat penasaran dengan EV (Electric Vehicle) dari Porsche apakah akan memiliki performa yang baik karena perbedaan bobot dan lainnya,” ujar Ali.

Akhirnya setelah mencoba, Ali terkesan dengan performa Taycan yang sangat mendekati karakteristik atau DNA Porsche untuk handling, aerodinamika, dan suspensinya. Menurutnya Taycan tidak hanya soal kecepatan di garis lurus seperti digembor-gemborkan mobil EV lainnya.

“Taycan juga memiliki build quality yang lebih baik di eksterior dan interior dibandingkan mobil EV yang lain, benar-benar sebuah mobil yang dibuat untuk masa depan,” ungkap Ali.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: