First Impression New Rolls-Royce Ghost: sedan super mewah yang kini lebih minimalis dan sporty

Seperti bertemu perempuan yang jauh lebih cantik dan sexy jika dibandingkan dengan hanya melihat fotonya di internet. Itulah yang mungkin sedikit menggambarkan pengalaman saya ketika pertama kali melihat mobil Rolls-Royce Ghost terbaru untuk pertama kalinya secara langsung.

Ketika selubung kain berwarna putih yang menutupi mobilnya yang perlahan dibuka, terlihat bagian depan mobilnya yang cukup membuat terkesima karena mobil ini mempunyai impresi yang begitu berbeda jika dibandingkan pendahulunya.

Kap mesinnya terlihat lebih rendah dan fender depan terlihat lebih lebar serta kekar, dikombinasikan dengan desain bumper depan dengan lubang udara yang besar di bagian bawah dan samping. Mobil ini terlihat jauh lebih sporty dibandingkan generasi terdahulu, namun tidak vulgar dan tetap elegan serta mewah.

Filosofi desain “Post Opulence” yang berdasarkan dari input para pengguna Rolls-Royce bisa lebih dihargai ketika melihat mobil ini secara langsung. Desainnya yang minimalis, tidak ada aksen krom yang berlebihan disini membuatnya terlihat lebih dinamis namun tetap memancarkan aura kemewahan khas Rolls-Royce.

Pendekatan desain ini memang menghindari adanya pameran kemewahan yang superfisial, jika mobil ini adalah seorang wanita bangsawan, maka ia adalah bangsawan yang anggun dan berkelas.

Banyak detail eksterior yang membuatnya berbeda dari pendahulunya, namun yang paling membuat impresi yang berbeda adalah bagian depannya. Untuk membuatnya lebih minimalis, untuk pertama kalinya, Spirit of Ecstasy tidak dikelilingi oleh garis panel melainkan berdiri di dalam ‘danau’ kapnya sendiri.

Grill pantheon di depan sekarang cukup unik, karena kini memancarkan cahaya dari kisi-kisi grillnya. Ada 20 LED di bawah bagian atas kisi radiator menerangi baling-baling logam secara halus, menciptakan cahaya yang lembut. Dan bagian detail yang ini sungguh luar biasa untuk dilihat, bagian grillnya dipoles dengan tangan sehingga benar-benar mengkilap seperti sebuah kaca.

Beralih ke sisi-sisi, satu goresan lurus digunakan untuk mempertegas panjang mobil. ‘Garis waft’ yang lebih rendah meminjam dari desain perahu dan menggunakan refleksi untuk meringankan permukaan dan menciptakan rasa gerakan yang murni dan tidak rumit.

Mobil yang dipamerkan kali ini berwarna hitam dengan garis yang memanjang di sisi mobil sampai ke arah buritan, garis yang berwarna emas ini tentunya dibuat oleh tangan di pabrik pembuatan mobil ini di Goodwood, Inggris.

Melengkapi aura sporty mobilnya, pelek berwarna hitam menghiasi keempat sudut mobil ini.

Begitu kap mesin dibuka, terlihat pemandangan yang cukup berbeda karena beberapa peningkatan yang ada di Ghost terbaru ini. Khususnya dalam hal kedinamisan berkendara, karena ada beberapa penambahan komponen penguat struktur agar mobilnya lebih kaku dan memiliki handling yang lebih dinamis.

Dari segi mesin, tidaklah jauh berbeda dengan generasi Ghost sebelumnya, masih sebuah mesin bensin V12 Rolls-Royce 6.750cc twin-turbocharged menghasilkan tenaga 563 tenaga kuda dan torsi 850Nm. Mesin ini mampu membuat model baru ini melesat dari 0-100km / jam hanya dalam 4,8 detik.

Yang perlu di sorot adalah ini pertama kalinya Ghost mendapatkan four wheel steering seperti di Rolls-Royce Phantom dan Cullinan, ini berarti handling mobil baru ini akan jauh lebih lincah dibandingkan pendahulunya.

Ini karena four wheel steering memiliki roda belakang yang juga bisa berbelok sesuai kondisi yang dihadapi, sehingga mampu membuat radius putar mobil ini menjadi jauh lebih rendah. Dengan sistem ini, Phantom terbaru bahkan bisa berputar arah di parkiran yang cukup kecil.

Mobil ini juga menggunakan platform atau sasis aluminum spaceframe yang sama seperti Phantom dan Cullinan, sasis baru ini lebih ringan dan kaku sehingga bisa menciptakan kualitas berkendara yang lebih dinamis, nyaman, dan juga membuat Rolls-Royce bisa menambahkan banyak fitur baru.

Salah satu yang menarik adalah ‘Sistem Suspensi Planar’ yang inovatif dan pertama di dunia menciptakan yang konon menjanjikan sensasi terbang di darat yang belum pernah dicapai oleh mobil.

Kenyamanan berkendara di mobil ini dan sensasi magic carpet ridenya, bisa dicapai dengan berbagai macam teknologi yang diadopsi model-model terbaru dari Rolls-Royce. Seperti self-levelling, teknologi suspensi udara volume tinggi, kontrol stabilitas, sistem pengereman self-drying, Transmisi Bantuan Satelit, dan sistem ‘flagbearer’ yang terdiri dari sistem kamera stereo terintegrasi di kaca depan untuk melihat jalan.

Masuk ke dalam mobilnya, sekarang penggunanya tidak perlu tenaga untuk membuka pintunya, karena sekarang begitu kita menarik handle dan menarik akan dibantu secara elektrik. Begitupun untuk menutup, tinggal menyentuh sensor di handle atau menekan tombol di dalam kabin untuk menutup pintu secara otomatis, seperti halnya di Phantom atau Cullinan.

Fitur ini dikombinasikan dengan sensor longitudinal dan transversal on-board, serta sensor G-force yang dipasang di setiap pintu, memungkinkan kecepatan pengoperasian pintu yang sama terlepas dari sudut bukit atau jalan masuk.

Begitu masuk ke dalam, interiornya patut mendapatkan apresiasi setelah eksteriornya yang mempesona. Desain interior ini membuat Ghost lebih kontemporer namun tetap mewah dan elegan, jika Anda membandingkan dengan generasi sebelumnya maka rombakan ini sangat drastis dan memang sangat diperlukan.

Untuk memancarkan aura sporty, interior mobil yang dipamerkan memakai kombinasi tiga warna yang termasuk ke dalam pesanan khusus atau bespoke. Dengan didominasi warna putih dengan tambahan aksen kuning dan hitam seperti di panel kayunya yang memiliki pola yang unik.

Melanjutkan tema kontemporer dan minimalis di interior, hanya dengan material terbaik; kulit, kayu dan logam telah dimanfaatkan. Hanya 20 setengah jangat kualitas terbaik yang terdiri dari 338 panel di bagian dalam suite Ghost dengan jahitan rumit dan kompleks untuk garis yang sedikit tetapi sangat panjang dan lurus sempurna.

Di dashboard bagian penumpang, Illuminated Fasia New Ghost – untuk memastikan tanda kata Ghost menyala secara merata, panduan cahaya setebal 2mm digunakan, menampilkan lebih dari 90.000 titik laser yang terukir di seluruh permukaan. Ini tidak hanya menyebarkan cahaya secara merata tetapi juga menciptakan efek sekejap saat mata bergerak melintasi fasia, menggemakan kilauan halus Starlight Headliner.

Mobil yang dipamerkan ini adalah varian short wheel base dan bukan varian extended wheel base yang mempunyai ruang lebih besar 170mm. Namun kabin belakang mobil ini sudah cukup lega dan nyaman, posisi kursi belakang pun bisa direbahkan sedikit secara elektrik.

Di jok belakang juga dilengkapi dengan lemari es Champagne yang disediakan di antara kursi belakang dan dikembangkan dengan bantuan Master Sommelier. Seperti yang diketahui para pecinta, ahli penyajian optimal Champagne non-vintage adalah sekitar enam derajat Celcius dan Champagnes vintage adalah sekitar 11 derajat Celcius. Untuk itu, lemari es mengoperasikan dua mode pendinginan, pendinginan hingga enam derajat dan 11 derajat.

Fitur lainnya yang sangat relevan di interiornya dengan kondisi saat ini adalah Sistem Pemurnian Lingkungan Mikro (MEPS) baru, menciptakan lingkungan mikro terbersih yang tersedia di dalam kabin mobil. Sistem mendeteksi kualitas udara sekitar, secara otomatis mengalihkan asupan udara segar ke Mode Resirkulasi jika terdapat tingkat kontaminan udara yang tidak dapat diterima. Dan mampu membersihkan lingkungan udara mikro di dalam mobil dalam waktu kurang dari dua menit.

Kabin Ghost terbaru juga lebih senyap karena mendapatkan tambahan treatment isolasi seperti Phantom dan Cullinan. Insinyur akustik Rolls-Royce menciptakan Formula untuk Ketenangan yang unik dengan penggunaan arsitektur spaceframe aluminium, redaman berlebihan, insulasi akustik lebih dari 100kg, diterapkan di pintu, atap, di antara jendela kaca ganda, di dalam ban dan di dalam hampir semua arsitektur itu sendiri.

Rolls-Royce pun membuat agar frekuensi suara yang menembus mobil ini masih nyaman untuk didengarkan dan tidak menggangu. Untuk mencapai ini, setiap komponen harus disetel sehingga berbagi frekuensi resonansi yang sama. Port dengan kapasitas boot 507 liter bahkan dibuat untuk menyelaraskan akustik keseluruhan New Ghost.

Tingkat teknik ini telah memungkinkan New Ghost untuk membuat studio suara yang sangat baik dalam bentuk Audio Bespoke, terdiri dari 18 saluran, 18 speaker, sistem kelas audiophile 1300W. Starlight Headliner yang terkenal, sekarang dengan fitur bintang jatuh, sebenarnya telah diubah menjadi speaker besar.

Secara keseluruhan, Ghost generasi terbaru ini menjadi sebuah penawaran yang sangat menarik dengan desain eksterior dan interior yang begitu menarik. Dengan dimensi Ghost yang lebih kecil dibanding kan Phantom maka mobil ini akan menjadi mobil yang cukup ideal bagi pengguna yang ingin menyetir sendiri maupun tetap ingin bisa bersantai disupiri ketika hari kerja.

Pemesanan untuk Ghost and Ghost Extended telah dibuka di Indonesia, menurut estimasi Cars&Crowns untuk harga Ghost diperkirakan akan serupa dengan harga Rolls-Royce Cullinan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: