Ini dia sepuluh kelebihan Porsche Taycan Sport Turismo

Porsche baru saja merilis Taycan Cross Turismo, varian cross over dari mobil listrik pertamanya. Mobil yang berdasarkan dari konsep Mission E Cross Turismo ini menawarkan segala kelebihan dari Porsche Taycan namun dengan fleksibilitas lebih dengan ruang kabin belakang yang lebih luas.

Taycan Cross Turismo akan diluncurkan di pasaran pada musim panas 2021. Diperkirakan lima pasar terbesar untuk versi Taycan ini adalah AS, Inggris, Norwegia, Belanda dan Jerman. Harga di Jerman mulai dari 93.635 euro atau setara dengan Rp 1,6 miliar, harga jual di Indonesia tentu lebih mahal. Cars and Crowns memperkirakan harganya akan tembus lebih dari Rp 3 miliar untuk varian terbawah.

Tidak seperti versi Sedannya yang diluncurkan secara bertahap, Porsche Taycan Sport Turismo hadir langsung dengan varian lengkap mulai dari Taycan 4 Sport Turismo sampai ke Taycan Turbo S Sport Turismo. Kesemua variannya adalah all-wheel-drive dan Performance Battery Plus yang memiliki kapasitas 93,4 kWh menjadi kelengkapan standar semua varian.

Berikut adalah sepuluh kelebihan Porsche Taycan Cross Turismo terbaru yang berhasil kami himpun:

Mobil sport listrik serba bisa

Taycan Cross Turismo yang baru memiliki semua kelebihan Taycan, seperti performa khas Porsche dan kemampuan jelajah jarak jauh. Namun dengan desain crossovernya, mobil ini memiliki ruang kepala yang 47 milimeter lebih banyak untuk penumpang kursi belakang dan kapasitas bagasi hingga 1.212 liter, yang bisa dimuat melalui pintu belakang besar di belakang.

Desain eksterior khas Porsche

Tampilan visual Taycan Cross Turismo sangat mirip dengan studi konsep Mission E Cross Turismo yang dipresentasikan di Geneva International Motor Show 2018. Secara khusus, siluetnya ditentukan oleh garis atap sporty yang menukik ke arah belakang. Desain ini disebut flyline oleh desainer Porsche.

Elemen desain off-road termasuk fender roda yang lebih lebar, lower apron yang unik di depan dan belakang, serta side sills.

Dikombinasikan dengan paket Desain Off-Road, Cross Turismo memiliki flap khusus di sudut bumper depan dan belakang serta di ujung kusen. Ini membuat eksterior yang mencolok sekaligus memberikan perlindungan dari benturan batu. Seperti sedan sport Taycan, Cross Turismo baru juga menampilkan elemen inovatif seperti huruf Porsche dengan efek kaca di bilah lampu.

Desain interior unik dengan layar lebar

Kontur desain yang futuristik dari sedan sport Taycan dapat ditemukan di interior. Bagian atas dan bawah dasbor yang berbentuk sayap membentang di seluruh lebar mobil. Layar instrumen melengkung yang berdiri bebas membentuk titik tertinggi di dasbor. Layar infotainment pusat 10,9 inci dan tambahan, tampilan penumpang depan opsional digabungkan untuk membentuk layar kaca terintegrasi dalam tampilan panel hitam. Sebuah Kompas akan dipasang di bagian atas dasbor jika menggunakan paket Desain Off-Road.

Sistem sasis yang inovatif

Kontrol Chassis Porsche 4D yang terintegrasi menganalisis dan menyinkronkan semua pengaturan sasis secara real time. Porsche menggunakan sistem kontrol jaringan terpusat untuk sasis Taycan Cross Turismo. Suspensi udara adaptif dengan teknologi tiga ruang udara termasuk sistem kontrol peredam elektronik PASM (Porsche Active Suspension Management) dipasang sebagai standar untuk semua model Taycan Cross Turismo.

Suspensi udaranya mencakup fungsi Smartlift sebagai standar. Hal ini memungkinkan pelanggan untuk dengan mudah memprogram sistem sehingga ketinggian kendaraan secara otomatis dinaikkan di lokasi berulang tertentu seperti punuk di jalan raya atau jalan masuk garasi. Posisi seperti itu dapat disimpan hanya dengan menekan tombol rangka.

Program penggerak mode Gravel

Taycan Cross Turismo hadir sebagai standar dengan program mengemudi mode Gravel tambahan untuk perjalanan di medan off-road ringan seperti jalur kerikil atau permukaan jalan berlumpur. Dalam mode ini, ketinggian kendaraan dinaikkan 30 milimeter dibandingkan dengan versi sedan.

Mode kerikil juga memengaruhi sistem sasis Porsche Active Suspension Management (PASM), Porsche Traction Management (PTM), Porsche Torque Vectoring Plus (PTV +) dan Porsche Stability Management (PSM), serta transmisi poros belakang. Operasi shift yang terakhir dioptimalkan untuk memastikan traksi maksimum. Karakteristik throttle mobil juga telah dirancang khusus untuk berkendara off-road dalam hal penyaluran tenaga dan presisi kontrol.

Baterai besar hingga 800 volt sebagai standar

Taycan Cross Turismo beroperasi dengan tegangan sistem 800 volt (rentang tegangan 610 V hingga 835 V), bukan 400 V yang biasa digunakan mobil listrik lainnya. Untuk jarak tempuh yang lebih jauh, kelengkapan standarnya adalah Performance Battery Plus dengan dua dek berisi 33 modul sel yang masing-masing terdiri dari 12 sel individu (total 396) dan total kapasitas 93,4 kWh.

Peningkatan yang fleksibel setelah pembelian dengan Functions on Demand (FoD)

Berkat FoD, pengemudi Taycan dapat membeli berbagai kemudahan dan fungsi bantuan sesuai kebutuhan. Yang membuat pendekatan ini istimewa adalah bahwa opsi ini juga dapat dilakukan setelah kendaraan dibeli, dan ketersediaannya tidak bergantung pada konfigurasi asli mobil sport tersebut. Pemilik mobil juga tidak perlu mengunjungi bengkel berkat aktivasi online. Fitur ini saat ini dimungkinkan untuk Porsche Intelligent Range Manager (PIRM), Power Steering Plus, Active Lane Keeping, dan Porsche InnoDrive.

Penurun sasis otomatis untuk aerodinamika yang lebih baik

Berkat karakteristik aliran udara yang dioptimalkan, desain aerodinamis, yang menawarkan nilai Cd dari 0,26, memberikan kontribusi signifikan terhadap konsumsi energi yang rendah, dan karenanya untuk jarak jauh. Langkah-langkah yang berkaitan dengan Porsche Active Aerodynamics (PAA) termasuk asupan udara yang dapat disesuaikan di bagian depan.

Suspensi udara juga memungkinkan area depan dan nilai Cd dikurangi pada kecepatan yang lebih tinggi dengan menurunkan Taycan Cross Turismo dalam dua tahap. Spoiler atap di belakang juga dibuat dalam posisi tetap.

Motor penggerak inovatif dan transmisi dua kecepatan

Semua model Taycan Cross Turismo memiliki dua motor listrik, satu dipasang di roda depan dan yang kedua di roda belakang, dan oleh karena itu memiliki penggerak semua roda sebagai standar.

Baik jangkauan maupun daya penggerak yang berkelanjutan mendapat manfaat dari efisiensi tinggi motor sinkron yang tereksitasi secara permanen. Motor listrik, transmisi, dan inverter yang dikendalikan denyut nadi masing-masing digabungkan menjadi modul penggerak kompak. Kekuatan pemulihan energi juga telah ditingkatkan sekali lagi sampai 290 kW, ini jauh lebih tinggi daripada kekuatan pemulihan pesaing.

Aksesori sporty: carrier belakang baru dan e-bikes

Khusus untuk Taycan Cross Turismo, Porsche telah mengembangkan carrier belakang yang bisa membawa hingga tiga sepeda. Ini dapat digunakan secara universal untuk berbagai jenis sepeda.

Salah satu fitur inovatifnya adalah bahwa pintu belakang dapat dibuka bahkan saat pembawa belakang dimuat. Melengkapi fitur ini, Porsche juga merilis dua sepeda listrik yaitu eBike Sport dan eBike Cross secara bersamaan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: