First Look: Porsche Taycan Turbo S, mobil listrik Porsche paling beringas hadir di Indonesia!

Sudah hampir dua tahun lalu Porsche Taycan melakukan world premiere, namun menyebarnya pandemi COVID-19 telah menunda peluncuran mobil ini di berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia.

Pada awal Februari ini akhirnya PT Eurokars Artha Utama selaku importir Porsche menghadirkan secara resmi mobil listrik pertama dari Porsche di Indonesia, yang dipamerkan pun tidak tanggung-tanggung yaitu Porsche Taycan Turbo S yang merupakan varian tertinggi dan terkencang.

Mobil ini dipresentasikan secara cukup dramatis, Porsche Indonesia membuat viewing booth kecil di lantai dua showroom yang berisi kursi untuk empat orang. Layaknya sebuah home theatre kecil dengan sebuah layar yang cukup besar.

Porsche Indonesia membuat ini sebagai kejutan karena awalnya mengundang media hanya untuk sebuah virtual preview dari mobil ini, namun setelah video mobil ditayangkan dan muncul sebuah count down.

Setelah count down terakhir, layar video terangkat dan sebuah Porsche Taycan disodorkan kedepan para penonton melalui sebuah platform motorized, epic!

Mobil Porsche Taycan yang dihadirkan cukup istimewa karena merupakan varian tertinggi dan mempunyai banyak sekali fitur opsional, termasuk cat merah khusus. Bukan, warna merah di mobil ini bukan Cherry Metallic yang merupakan salah satu pilihan standar warna Taycan.

Nama Taycan berasal dari Bahasa Turki yang berarti jiwa sebuah kuda muda, berarti Taycan Turbo S merupakan jiwa sebuah kuda yang sangat powerful. Ini karena mobil ini memiliki performa tertinggi diantara varian Taycan yang lain.

Ini dikarenakan varian Turbo S mempunyai tenaga sampai 750 tenaga kuda dengan overboost dan launch control, untuk akselerasi 0 ke 100 km/h dalam 2.8 detik saja. Figur yang setara dengan supercar saat ini.

Dan ya banyak yang bertanya mengapa ada nama Turbo, karena ini mobil listrik dan tidak memakai turbocharger. Penamaan ini menurut Porsche untuk melanjutkan tradisi penamaan mobil, dimana kata Turbo berarti mobil Porsche yang memiliki performa lebih tinggi.

Akhirnya melihat langsung mobil ini, kesan pertama yang didapat adalah dimensi mobil ini cukup compact. Awalnya saya mengira jika mobil ini akan memiliki besar yang sama dengan Porsche Panamera, karena sama-sama sedan empat pintu dan dari foto-foto kesannya seperti itu.

Namun nyatanya, Porsche Taycan setelah dilihat langsung berukuran seperti diantara BMW Seri-3 dan Seri-5. Membuatnya tidak terlalu kecil namun juga tidak terlalu besar, sepertinya proporsinya pas untuk seseorang yang suka menyetir sendiri namun ingin memiliki fleksibilitas membawa penumpang di belakang.

Desain eksteriornya sangat Porsche sekali, dengan desain sporty yang tetap understated dan tidak terlalu mencolok. Walaupun Taycan mobil yang memiliki empat pintu namun nuansa sportscarnya kental sekali, dan sekilas bisa terlihat seperti sebuah coupe.

Ini dikarenakan garis desainnya, khususnya yang menukik kebawah di bagian belakang. Di bagian ini bahkan sekilas bisa terlihat seperti sebuah 911 dengan desain kaca di bagian belakang dan lekukan buritan yang lebar.

Mobilnya tampil sangat sporty dengan warna merah, black trim yang mengganti detail chrome dengan cat warna hitam, dan aksen carbon fiber di bumper, side skirt, dan spion.

Velg yang digunakan juga lebih ekslusif, yaitu dengan desain yang sama seperti mobil konsep Mission-E dan berdiameter 21 inchi. Jenis velg ini hanya tersedia untuk varian Turbo S saja.

Dibalik peleknya terdapat brake kit dengan Porsche Ceramic Composite Brake (PCCB) yang merupakan rem varian tertinggi dari Porsche.

Masuk ke dalam mobilnya, di bagian depan penggunanya akan disuguhi tampilan interior ala Porsche yang minimalis dan modern, namun di Taycan desain ini terelevasi lagi dengan adanya tiga layar besar untuk pengemudi, entertainment system, dan bahkan untuk penumpang.

Kursi di bagian depan juga cukup nyaman dengan ketebalan padding yang cukup, dan bisa diadjust sesuai keingingan karena elektrik.

Dan untuk membuat orang langsung mengetahui jika Anda memiliki mobil yang sangat mahal, di bagian headrest terdapat emboss Turbo S dan ada juga logo yang menyala di sill plate.

Sensasi berada di dalam kabin depan cukup unik, pandangan kedepan kita hanya akan melihat sedikit spakbor depan dan kap depan tidak terlihat, memberikan kesan jika bagian depan mobil ini rendah sekali.

Material yang digunakan di interior tentu sangat baik, dengan kualitas kulit berkualitas tinggi yang disertai stitching yang rapi, aksen carbon fibre, dan yang unik aksen alumunium yang berwarna seperti rose gold.

Hanya satu kekurangan mobil Taycan sejauh ini, yaitu kursi belakang. Bukaan pintu belakangnya sedikit tidak pas dan membuat kita agak canggung ketika akan masuk ke kabin kebelakang. Namun positifnya kursi belakang cukup nyaman dengan lantai yang cukup flat dan control pendingin udaranya sendiri.

Untuk saya yang memiliki tinggi 164 cm, ruang kaki di kursi belakang cukup luas namun untuk ruang kepala hanya menyisakan sedikit ruang. Orang yang cukup tinggi sepertiya akan sedikit tidak nyaman di kabin belakang mobil ini.

Namun hal ini adalah hal yang lumrah untuk mobil yang memiliki desain yang sangat sporty seperti Taycan.

Mobil ini diperkirakan mempunyai harga sekitar Rp 5 – 6 miliar dan menjadi salah satu mobil listrik empat pintu sporty yang paling menarik di pasaran.

Untuk informasi lebih lanjut tentang Porsche Taycan Turbo S kunjungi http://www.porsche.com.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: