Mercedes-Benz perkenalkan SUV 7-seater berharga di bawah 1 miliar

Choi Duk Jun, President Director of PT Mercedes-Benz Indonesia, bersama dengan SUV seven-seater New Mercedes-Benz GLB. (Photo courtesy of Mercedes-Benz Distribution Indonesia).

Mercedes-Benz Distribution Indonesia baru saja memperkenalkan Mercedes-Benz GLB 200 Progressive Line, mobil SUV kompak pertamanya yang mampu menampung tujuh penumpang atau 7-seater dan berharga Rp 829 juta (off the road).

Mobil yang diberi julukan baby GLS ini memiliki desain yang muscular dengan overhang pendek dan berorientasi off-road, mobil ini juga merupakan SUV untuk keluarga dengan kursi baris ketiganya mampu digunakan untuk orang sampai dengan tinggi 1,69 meter.

Untuk memberikan gambaran akan sebenarnya seberapa kompak mobil ini, GLB memiliki panjang 4,6 meter, lebar 1,84 meter, tinggi 1,66 meter, dan wheelbase sepanjang 2,82 meter.

Sebagai perbandingan, figur ini hampir serupa dengan Mercedes-Benz GLA 200 Progressive Line yang juga baru dirilis. Mobil ini memiliki panjang 4,4 meter, lebar 1,84 meter, tinggi 1,61 meter, dan wheelbase sepanjang 2,72 meter.

Tentunya untuk melihat apakah ruang di kabin GLB masih bisa diterima, calon pembeli sebaiknya melihat unitnya langsung. Karena mobil ini hanya diluncurkan secara virtual oleh Mercedes-Benz. Berdasarkan spek, mobil ini memiliki luas kabin sebesar 565 liter dan bisa mencapai 1,800 liter jika kursi baris ketiga dan kedua dilipat.

Menariknya lagi mobil ini hanya diperkuat oleh mesin 1,300 cc 4-silinder in-line turbocharged, mungkin sebagian orang akan mengkerutkan dahi karena kapasitas mesin ini kecil seperti yang digunakan di city car. Namun dengan bantuan turbocharger dan teknologi dari Mercedes-Benz mesin ini mampu menghasilkan tenaga  163 tenaga kuda dan torsi 250Nm mulai dari 1.650 rpm.

Tenaga dari mesin ini dikawinkan dengan transmisi otomatis 7-percepatan dual clutch, yang kemudian menyalurkan dorongan ke roda depan. Ya, mobil sub-compact crossover SUV lima pintu ini adalah sebuah front wheel drive.

Dengan torsi sebesar 250Nm seharusnya GLB masih bisa cukup nyaman dan responsif untuk menarik bodinya yang seberat 1,44 ton. Konsumsi bahan bakarnya sendiri diklaim bisa mencapai 6 liter / 100 km untuk penggunaan kombinasi. Sementara emisi yang dihasilkan bisa mencapai 141 CO2 (g/km).

Bagi yang penasaran figur performanya, mobil keluarga ini masih mampu berakselerasi dari diam ke 100 km/h dalam waktu di bawah 10 detik. Tepatnya 9.1 detik dan mampu mencapai kecepatan puncak 207 km/h.

Untuk interior, dengan desain terkini dari Mercedes-Benz adalah nilai plus tersendiri. Desain ini futuristik dan masih juga mewah khas merek Jerman ini, plus kontrol dan tampilan sudah mengadopsi MBUX (Pengalaman Pengguna Mercedes-Benz yang baru).

Sementara untuk fitur yang membantu pengemudi, ada blind spot assist dengan tambahan fitur exit warning sampai ketika pengemudi akan keluar dari mobil. Ada juga Keyless Go Comfort Package dengan akses hands-free untuk memudahkan pengguna membuka pintu dan jendela mobil.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: