Wawancara eksklusif: mengenal Rolls-Royce Wraith Kryptos Collection, mobil yang terinspirasi patung di markas CIA!

Rolls-Royce Wraith Kryptos Collection. (Picture courtesy of Rolls-Royce Motor Cars)

Bespoke atau pesanan khusus merupakan mantra penting bagi pabrikan mobil mewah asal Inggris, Rolls-Royce Motor Cars dalam beberapa tahun terakhir. Hampir semua 5.152 mobil Rolls-Royce yang terjual tahun lalu mendapatkan sentuhan dari Rolls-Royce Bespoke Collective, divisi khusus berisi desainer, insinyur, dan pengrajin yang memberikan personalisasi bagi tiap mobil yang dibuat.

Sentuhan khusus atau personalisasi membuat tiap mobil buatan merek ini memiliki ciri khas yang berbeda dengan yang lain. Sama seperti ketika Anda berkunjung ke pembuat jas maka Anda menginginkan sebuah jas yang paling sesuai, terukur secara pas, sesuai karakter Anda, dan untuk apa jas itu Anda buat.

Salah satu contoh sentuhan khusus yang Rolls-Royce bisa ciptakan, terefleksikan di dalam mobil Rolls-Royce Wraith Kryptos Collection. Sebuah mobil eksklusif yang baru-baru ini dirilis dan hanya diproduksi sebanyak 50-unit. Berbeda dengan Rolls-Royce lainnya, mobil ini memiliki berbagai teka-teki berupa sandi yang bisa dipecahkan oleh pemiliknya. Ini kali pertama dalam dunia otomotif kelas atas, sebuah teka-teki digabungkan dalam desain estetis sebuah mobil.

Gavin Hartley, Head of Bespoke Design, Rolls-Royce Motor Cars. (Picture courtesy of Rolls-Royce Motor Cars)

Untuk mengetahui lebih dalam tentang Collection Car terbaru dari Rolls-Royce ini, saya mendapatkan sebuah wawancara singkat yang eksklusif via Skype dengan Gavin Hartley, kepala bagian Bespoke Design di Rolls-Royce selama hampir 15 tahun. Gavin bertanggung jawab untuk segala aspek untuk desain pesanan khusus serta juga berkontribusi untuk pengembangan mobil Rolls-Royce di masa depan. Ia juga dikenal sebagai orang yang bertanggung jawab untuk desain interior Range Rover ketika diluncurkan pada tahun 2002 silam.

Katrin Lehmann, Bespoke Designer Colour & Trim, Rolls-Royce Motor Cars. (Picture courtesy of Rolls-Royce Motor Cars)

Selain Gavin, saya juga berbincang dengan Katrin Lehmann, Bespoke Designer Colour & Trim untuk Rolls-Royce yang bertanggung jawab membuat konsep dan desain dari Wraith Kryptos Collection. Dari desainer muda ini saya jadi mengetahui bahwa mobil unik ini terinspirasi dari sesuatu yang tidak biasa, sebuah patung misterius penuh sandi yang berada di depan markas Central Intelligence Agency (CIA) di Langley, Amerika Serikat!

Berikut wawancara saya dengan Gavin dan Katrin yang sudah melalui proses pengeditan:

C&C: Hallo Gavin dan Katrin, apakah kalian bisa sedikit memperkenalkan diri dan menceritakan sedikit apa yang kalian lakukan di Rolls-Royce?

Gavin: Saya memimpin sebuah tim desain yang berbasis di Goodwood, Inggris. Tim kami mengerjakan semua yang terkait dengan proyek bespoke seorang klien. Jadi kami mengerjakan mobil-mobil one-off pesanan klien, aksesorinya, dan juga mobil-mobil koleksi khusus seperti Wraith Kryptos collection ini. Tim kami berjumlah 20 orang yang merupakan gabungan dari para desainer, trim & warna, desainer interior, dan juga para insinyur yang memberikan dukungan teknis kepada kita untuk proyek yang lebih rumit.

Katrin: Hi, saya Katrin Lehman, saya bagian dari tim bespoke design dan merupakan seorang colour designer. Saya sendiri memiliki andil dalam mendesain mobil Wraith Kyrptos Collection.

Tim Bespoke Design sedang berbincang di markas Rolls-Royce Motor Cars di Goodwood, Inggris. (Picture courtesy of Rolls-Royce Motor Cars)

C&C: Gavin, bisakah Anda menceritakan sedikit tentang bagaimana tim Bespoke Design bekerja? Bagaimana proses kreatifnya?

Kami bekerja dengan cara yang berbeda-beda, tergantung dengan klien yang sedang kami layani. Secara garis besar kami berhubungan dengan individual yang ingin menciptakan mobil bespoke atau pesanan khusus. Kami mengembangkan fitur-fitur baru sehingga bisa menciptakan sebuah Rolls-Royce yang sempurna bagi seorang klien, ditambah lagi selain itu kami juga menciptakan Collection Cars seperti Wraith Kryptos Collection.

Mobil koleksi khusus ini sebenarnya memberikan kesempatan kepada kami sebagai sebuah tim desain untuk menciptakan sesuatu yang baru, berbeda, atau belum pernah dipikirkan sebelumnya. Kami juga bisa mengambil inspirasi dari sebuah sejarah, atau hal-hal lainnya yang membuat mobil rancangan kami ini menjadi menarik untuk para pelanggan. Karena kami berhubungan dengan berbagai individual, kami memahami mereka dengan sangat baik. Sehingga kami dalam posisi yang baik untuk bisa menjadi kreatif dan melakukan sesuatu yang menarik untuk para pelanggan kami.

Bespoke Design department di Rolls-Royce Motor Cars. (Image courtesy of 16/2/2016 – Ciaran McCrickard / Mindworks – RRMC visit of James Want of Australian lifestyle website The Versatile Gent).

C&C: Apakah pandemi COVID-19 telah mengubah cara tim Anda bekerja?

Pandemi COVID-19 pastinya mempengaruhi semua orang, termasuk kami. Dalam kasus ini saya pikir cara kami berkomunikasi telah berubah, dan ini juga terjadi kepada banyak orang. Banyak komunikasi kami sekarang menjadi jarak jauh.

Kita baru saja membuka kembali Goodwood, dimana prosesnya telah dilakukan dengan sangat hati-hati. Pada saat yang sama, ini adalah kesempatan yang baik agar kami dapat bertemu orang secara face to face dan ini adalah hal yang kita inginkan. Goodwood menawarkan pelanggan kami kesempatan untuk tidak hanya mengunjungi tempat perakitan dan semua pengrajin di sana, tapi juga agar dapat berdiskusi dengan kami di tim Bespoke Design.

Pada dasarnya banyak pekerjaan kami sekarang telah banyak dikerjakan secara virtual, jadi kami harus bisa berkomunikasi secara efektif dengan metode tersebut. Walaupun begitu, kami sangat terbantu dengan bisa berbincang satu sama lain secara langsung. Jadi saat ini tim harus menjadi lebih disiplin untuk memastikan bahwa kami berbagi ide secara digital, dimana sebelumnya kami akan berada di studio dan bekerja bersama-sama.

Patung Kryptos di markas CIA, Langley, AS (Picture courtesy of Wikipedia)

C&C: Katrin, Anda yang membuat konsep dan desain dari Wraith Kryptos Collection, bisakah Anda menceritakan bagaimana Anda mengembangkan mobil ini?

Kami mengambil inspirasi dari sebuah patung yang dinamakan Kryptos, patung yang memiliki sandi dan masih berusaha dipecahkan oleh banyak orang sampai saat ini. Patung ini sendiri berada di markas besar CIA di Langley, AS. Kita tidak mencontoh sandi di patung tersebut, tapi lebih ke konsepnya dan bagaimana ini menjadi hal yang menarik. Kami ingin membawa pengalaman yang menarik ini ke dalam Collection Car kami.

Sebagai sebuah Collection Car, mobil khusus ini adalah sebuah kanvas yang sempurna untuk kami dapat menceritakan sebuah cerita dalam berbagai macam bentuk dan cara. Jadi ini menjadi sesuatu yang alamiah untuk kami, ini sesuatu yang kami ingin pelanggan kami rasakan dan berinteraksi dengan mobilnya tidak seperti yang pernah dilakukan sebelumnya. Mendalami berbagai permukaan mobil tidak hanya dengan indra mereka, tapi juga dengan sebuah dimensi baru. Dimana pelanggan harus menghabiskan waktu lebih untuk mampu mengerti arti sandi yang ditanamkan, dan inilah yang membuatnya menarik serta membedakannya dengan Collection Car yang lain.

C&C: Mengapa Wraith dipilih untuk konsep desain yang satu ini?

Katrin: Karakter dari Wraith telah menjawab pertanyaan ini, karena mobil ini untuk seseorang yang berani dan selalu merasa tertantang. Karakternya lebih sporty dan berani yang sangat cocok dengan cerita dari Kryptos. Hal ini juga sebuah aspek yang sepenuhnya baru bagi sebuah mobil dan Anda perlu untuk menjadi berani untuk mengambil tantangan tersebut.

Gavin: Saya pikir, seseorang yang memiliki sebuah Wraith adalah seorang yang senang memegang kendali, jadi orang ini cenderung lebih dinamis dan memimpin yang pas sekali dengan konsep mobilnya.

Sketsa Wraith Kryptos Collection. (Picture courtesy of Rolls-Royce Motor Cars)

C&C: Bisa jelaskan bagaimana persandian ini dilakukan, apakah sesuai pesanan pelanggan atau Anda yang merencanakan semuanya?

Gavin: Kamilah yang merancang dan menyembunyikan pesan-pesan rahasia di mobil, ini merupakan sebuah tantangan untuk para pelanggan untuk bisa memecahkannya. Kami berusaha untuk menyembunyikan semua sandi ini di depan mata Anda, semuanya hanya permukaan yang terlihat menarik dan dibuat dengan indah. Tapi jika Anda melihatnya baik-baik maka Anda bisa menemukan sesuatu yang lebih di sana, dan inilah bagaimana sandi ini bisa dipecahkan, jika Anda mencari dengan giat tentunya.

Katrin: Kita menyebutnya sebuah perjalanan kriptografi, tentunya ketika Anda memasuki mobil dan melihat dari luar bahwa jelas-jelas ada sesuatu yang berbeda. Dan ini merupakan sebuah pengalaman yang menarik. Tentunya, ada sesuatu yang tersembunyi dan banyak detil yang hanya bisa Anda temukan dengan menghabiskan waktu lebih dengan mobilnya. Semakin lama Anda mencari dan menghabiskan waktu untuk menjelajahi dan memahami sandi di mobilnya, semakin banyak pesan yang Anda bisa mengerti dan kami juga memberikan sandi dengan tingkat kesulitan yang berbeda.

Sketsa salah satu sandi di mobil Wraith Kryptos. (Picture courtesy of Rolls-Royce Motor Cars)

Gavin: Menambahkan lagi soal itu, ini seperti halnya Anda mendengarkan seseorang berbicara dengan Bahasa yang asing. Pertama-tama, Anda tidak bisa mengerti dan hanya mengenali bahwa ini adalah bahasa asing. Lama-kelamaan Anda bisa memisahkan antar kata dan mengenali lebih jauh. Ada pemahaman berlapis yang bisa Anda dapatkan ketika mempelajari sebuah bahasa baru, dan secara perlahan-lahan akan mampu memahami bahasa baru ini.

Ini yang akan Anda alami dengan Kryptos, bahwa mobil ini menawarkan sebuah pengalaman yang unik. Pertama Anda melihat sesuatu, dan secara bertahap Anda menemukan lebih banyak detil-detil yang bisa Anda pecahkan. Pada pandangan pertama, mobil ini hannyalah sebuah mobil yang menakjubkan.

Katrin: Seakan-akan mobil ini akan memandu Anda, karena jika ada melihat lebih dalam dan menghabiskan lebih banyak waktu dengan mobilnya maka kemungkinan Anda akan melihat sebuah hubungan visual antara permukaan mobil, seperti sebuah aliran informasi yang Anda dapatkan ketika Anda menghabiskan waktu lebih dengan mobilnya.

Logo Rolls-Royce pun diubah menjadi sebuah sandi di mobil ini. (Picture courtesy of Rolls-Royce Motor Cars)

C&C Bisa ceritakan sedikit lebih detail tentang sandi yang digunakan di mobilnya?

Katrin: Apa yang saya bisa ungkapkan adalah semua sandi secara unik hanya diciptakan dan dimiliki oleh Rolls-Royce. Jadi sandi ini sesuatu yang Anda tidak bisa dapatkan di tempat lain. Ini adalah sebuah fitur khusus yang secara keseluruhan membuat sebuah mobil menjadi menarik.

Sketsa desain Wraith Kryptos. (Picture courtesy of Rolls-Royce Motor Cars)

Gavin: Hanya waktu yang bisa mengungkapkan bagaimana sandi ini bisa dipecahkan, saat ini kami tidak mau merusak tantangan ini dengan memberikan informasi terlalu banyak. Apa yang saya bisa bilang disini ada banyak lapisan pesan, lapisan sandi untuk dipecahkan, dengan tingkat kesulitan yang berbeda juga.

Starlight headliner dengan desain berbeda dan memiliki sandi tersembunyi. (Picture courtesy of Rolls-Royce Motor Cars)

C&C: Gavin, bagaimana Anda akan mengembangkan konsep ini untuk mobil selanjutnya dari Bespoke Design?

Gavin: Selalu sulit untuk memberitahukan apa yang akan datang dari kami, karena kami ingin semuanya menjadi sebuah kejutan dan sesuatu yang baru ketika dirilis.

Apa yang kita bisa tunjukkan, khususnya melalui Kryptos adalah bagaimana kita mengembangkan lebih lanjut beberapa bagian dari mobil. Seperti Starlight headliner yang terkenal dan telah menjadi sebuah ikon bagi kami, melalui ribuan lampu LED kecil.

Dengan Krytos kami mengembangkan konsep ini ke tingkatan selanjutnya, dengan lampu yang bergerak, warna yang berubah, dan efek grafis diatas kepala Anda. Ini lebih kreatif dari apa yang kita pernah lakukan sebelumnya dan saya pikir ini adalah sesuatu yang selalu ingin kita lakukan, untuk mengambil sesuatu yang terkenal dari kami dan mengembankannya lebih lanjut.

Dalam cara yang sama, finishing dan elemen iluminasi di dalam mobil menunjukkan arahan yang kami ambil. Pastinya kami ingin sesuatu yang baru dan berbeda dalam melangkah ke depan, namun juga menggambarkan bagaimana kita mampu membawa elemen-elemen yang sudah ada dan membawa mereka ke tingkatan selanjutnya.

Kedepannya kita akan menggunakan cahaya tidak hanya untuk menunjukkan sesuatu, tapi juga untuk menciptakan sebuah pengalaman. Menciptakan sebuah lingkungan yang sangat menarik, jadi di masa depan kita akan mengembangkan keahlian kita sembari menciptakan pengalaman immersive dengan cahaya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: