Ini 10 kelebihan BMW X3 M Competition dan BMW X4 M Competition.

BMW X3 M Competition

BMW Indonesia baru saja meluncurkan duo SUV ukuran menengah dengan performa tertinggi, BMW X3 M Competition dan BMW X4 M Competition.

Kedua mobil yang dibanderol seharga sekitar Rp 2 miliar ini memiliki performa dan kelengkapan yang lebih tinggi jika dibandingkan versi di bawahnya, berikut sepuluh kelebihan kedua mobil yang berhasil kami rangkum.

  • Mesin enam silinder dengan tenaga paling besar

Kedua kendaraan ini memiliki mesin bensin 3,000cc straight-six dengan output paling besar dibandingkan model BMW M manapun dengan 510 HP,  tenaga yang 30 HP lebih besar jika dibandingkan varian BMW X3 M dan X4 M non-competition.

Mesin ini juga mempunyai torsi puncak 600Nm yang bisa dihasilkan antara 2.600 dan 5.950 rpm.

Kedua model Competition ini mampu melesat dari 0-100 km/jam hanya dalam 4.1 detik dan kecepatan puncaknya adalah 250 km/jam yang dibatasi secara elektronik.

Mesin ini memiliki crankshaft yang ditempa dengan ketahanan torsi luar biasa,  selain itu, bobotnya yang ringan dan massa putaran yang berkurang membuatnya bisa digeber sampai 6,250 rpm.

Desain closed-deck dari crankcase mesin ini membuatnya memiliki rigiditas tinggi dan membantu menghasilkan tekanan pembakaran yang lebih tinggi dan output daya yang paling optimal. 

Adapun dinding silinder yang diberi lapisan besi yang disemprot dengan cara teknik wire-arc berfungsi untuk mengurangi bobot dan gesekan  untuk pastikan kestabilan performa mesin.

  • Kepala silinder yang dibuat oleh 3D-printer

Menariknya, kepala silinder mesin mobil ini memiliki inti yang dicetak melalui 3D-Printing. Proses manufaktur paling modern saat ini memungkinkan bentuk-bentuk geometris dibuat lebih presisi dari kemampuan teknik pengecoran logam konvensional.

Teknologi pencetakan 3D telah memangkas bobot inti kepala silinder mesin baru dan memungkinkan saluran pendinginnya dialihkan dengan cara mengoptimalkan manajemen suhu.

  • Dua turbo mono scroll

Inovasi terbaru dari teknologi BMW M TwinPower Turbo ini hadirkan dua turbocharger mono-scroll, yang masing-masing memasok udara tekan ke silinder 1 – 3 dan 4 – 6.

Output mesin semakin ditingkatkan melalui penggunaan kompresor yang lebih canggih dan intercooler yang dipasok oleh sebuah sirkuit suhu rendah.

Sistem asupan udara yang dioptimalkan alirannya mengurangi secara dramatis dampak yang dihasilkan dari turbo yang kehilangan tekanan, sementara wastegate yang dikendalikan secara elektronik (yang dapat buka-tutup dengan cepat) meningkatkan respons mesin. Katup wastegate dibuat lebih lebar, tingkatkan efektivitas catalytic converters yang diposisikan dekat dengan mesin.

  • Teknologi injeksi terbaru

Teknologi injeksi High-Precision terbaru juga tingkatkan tekanan injeksi maksimum dari 200 bar hingga 350 bar, memungkinkan campuran ruang bakar yang sangat efisien.

Atomisasi halus bahan bakar di ruang bakar meminimalkan emisi – terutama disaat akselerasi penuh dan pada kecepatan tinggi. Paket teknologi ini dibulatkan oleh VALVETRONIC valve timing variabel penuh serta Double-VANOS variable camshaft timing.

  • All-wheel-drive M xDrive yang sama dengan BMW M5 terbaru

Untuk menyalurkan tenaga mesin, mobil ini menggabungkan transmisi Steptronic M delapan- percepatan dengan Drivelogic dan sistem all-wheel-drive M xDrive baru, yang melakukan debutnya di BMW M5, untuk menyalurkan kekuatannya ke jalan.

Sistem M xDrive memiliki bias roda belakang dan menawarkan pengemudi BMW X3 M dan BMW X4 M dua mode mengemudi AWD. Interaksi yang dikendalikan secara terpusat antara M xDrive dan Active M Differential di gandar belakang memungkinkan sistem all-wheel-drive tersebut untuk membagi tenaga dari mesin antara keempat roda sesuai kebutuhan sehingga menghasilkan traksi, kelincahan dan stabilitas arah yang optimal.

  • Teknologi sasis khusus BMW M

Damper yang dikontrol secara elektronik yang khusus untuk suspensi M memungkinkan kenyamanan sehari-hari yang sangat baik dan kontak yang sangat dekat dengan jalan, dengan gerakan roda dan bodi yang rendah.

Kinematika dan elastokinematika spesifik dikembangkan khusus untuk M Suspension yang ada di kendaraan ini dengan axle depan menggunakan double-joint spring strut dan axle belakang menggunakan suspensi five-link – menghadirkan kendali roda yang presisi dan stabilitas arah yang tepat.

Kendaraan ini juga dibangun untuk dikendalikan pada batas maksimalnya melalui sistem kontrol presisi melalui BMW M-specific steering (dengan M Servotronic dan variable-ratio) dan rem BMW M compound brakes yang kuat dengan ukuran 395mm 4 piston di depan dan 370mm single piston di belakang sehingga mampu mengurangi beban rotasi roda sebesar 6.5 kg.

Sistem kontrol suspensi dan mode-mode berkendara BMW M xDrive, karakteristik mesin dan transmisi serta set-up steering dapat diatur dengan satu sentuhan tombol.

Sistem DSC (Dynamic Stability Control) memungkinkan putaran slip roda yang dikendalikan dalam M Dynamic Mode dan juga dapat dimatikan. 

Plus, konten yang ditampilkan di Head-Up Display dapat ditentukan melalui menu iDrive. Pengemudi dapat menyimpan dua opsi pengaturan keseluruhan – dikonfigurasikan sesuai keinginan dari parameter di atas – di menu iDrive dan memilihnya jika diperlukan, dengan menggunakan dua tombol M (M1& M2) pada roda kemudi.

  • Exterior dengan sentuhan BMW M.

BMW X3 M Competition dan BMW X4 M Competition membawa aksen eksklusif lebih lanjut ke eksterior dalam bentuk High-gloss Black untuk kidney grille surround BMW, tutup spion khas, gills BMW M, dan spoiler belakang di Sports Activity Coupé.

Peralatan standar juga mencakup velg ringan BMW M 21 inci V-spoke style 765 M dalam warna Bi-color high-sheen / Jet Black serta sistem knalpot BMW M Sport. Sementara itu, aura interior diperkuat lagi oleh jok BMW M Sport dengan pelapis leather Merino, sill pintu model-spesifik, dan papan nama model di konsol tengah.

  • Desain kokpit BMW M-style

BMW X3 M Competition dan BMW X4 M Competition hadir sebagai standar dengan jok M Sport dengan pelapis leather Merino yang dapat dipilih dalam varian Black atau varian dua warna, yaitu Sakhir Orange/Black dan Adelaide Grey/Sakhir Orange

Semua model dilengkapi dengan bantalan lutut di sisi konsol tengah sebagai standar. Pelapis leather Merino dalam skema warna baru Midrand Beige/Black dengan aplikasi Alcantara tersedia secara eksklusif untuk model BMW X3 M Competition dan BMW X4 M Competition.

Desain kokpit BMW M-style yang istimewa juga terdiri dari kluster instrumen khusus BMW M, kemudi leather BMW M, dan tuas selektor BMW M dengan gaya baru.

BMW X3 M Competition dan BMW X4 M Competition membawa sentuhan eksklusif lebih lanjut ke interior dengan jok M Sport bucket-style serta papan nama model di konsol tengah.

Walaupun interiornya tampak sangat terfokus pada pengalaman berkendara yang sporty, tapi versatilitas yang diasosiasikan dengan semua model BMW X tetap dipertahankan.

Kedua model hadir sebagai standar dengan sandaran punggung bagian belakang pisah-lipat 40: 20: 40, sehingga memungkinkan kapasitas bagasi ditingkatkan hingga maksimum 1.600 liter di BMW X3 M dan 1.430 liter di BMW X4 M.

  • Jok semi-bucket BMW M Sport

Hadir sebagai standar dalam BMW X3 M Competition dan BMW X4 M Competition adalah seat cushion dan sandaran samping dengan desain khusus M.

Dengan ini, jok memiliki karakter bucket-seat yang khas, sehingga mengoptimalkan dukungan lateral saat menikung tajam. Rentang fungsi penyesuaian yang diperluas menyediakan posisi tempat duduk yang sempurna dan kenyamanan yang disesuaikan dengan kebutuhan individu.

Penyesuaian manual untuk panjangnya bantal jok serta penyetelan untuk penyangga lumbar pneumatik juga tersedia di samping fungsi jok sports.

Pengekangan kepala semi-terintegrasi dapat diatur secara elektris ketinggiannya dan membuat pernyataan visual yang unik dengan logo M yang menyala.

  • Berbagai tambahan opsional untuk kenyamanan dan individualitas

Suasana interior sporty dan mewah BMW X3 M dan BMW X4 M Competition dapat ditingkatkan dengan berbagai tambahan opsional untuk memberikan kenyamanan dan individualitas yang lebih besar.

Kontrol iklim otomatis tiga zona standar dan fungsionalitas opsi Comfort Access mencakup pembukaan dan penutupan tailgate bebas-tangan. Operasi tailgate otomatis tersebut dengan satu sentuhan tombol adalah standar untuk BMW X3 M dan BMW X4 M Competition.

Di antara opsi lain yang menawarkan tingkat kenyamanan luar biasa adalah atap kaca panoramic. BMW X3 M dan BMW X4 M hadir sebagai standar dengan lampu depan LED Adaptif dengan distribusi cahaya variabel, lampu cornering, dan BMW Selective Beam untuk lampu jauh yang tidak menyilaukan.

Penerangan interior atmosferik disediakan oleh pencahayaan ambien standar, yang menawarkan enam pilihan warna dan dapat diaktifkan melalui menu iDrive.

Kedua model akan tersedia di Indonesia dalam jumlah yang sangat terbatas, dijual oleh Diler Resmi BMW M mulai 17 Juli dengan harga Rp 2.189.000.000,- (off-the-road) untuk BMW X3 M Competition  dan Rp 2.229.000.000,- (off-the-road) untuk BMW X4 M Competition.

Kendaraan ini termasuk BMW Service Inclusive, sebuah program yang membebaskan semua biaya perawatan kendaraan untuk pelanggan selama 5 tahun atau 60.000 km, mana saja yang lebih dulu, dan juga mencakup garansi 36 bulan tanpa keterbatasan jarak tempuh.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: