BMW rilis Seri 3 Touring, mobil stylish bagi family man sukses

BMW 320i Touring M Sport (Image: BMW Indonesia)

BMW Indonesia baru saja meluncurkan all-new BMW Seri 3 Touring di Indonesia, varian dengan body style wagon ini pertama kali dijual di BMW Official Store di Tokopedia. Tidak semua orang menyukai bentuk wagon, namun bagi sebagian lainnya desain yang sebenarnya fungsional ini memberi sebuah proporsi bentuk yang sangat menarik.

Bagi family man yang sukses, mobil ini adalah sebuah opsi yang menggabungkan mobil yang sporty dengan fleksibilitas khas sebuah wagon, yang tentunya bisa menampung keluarga dan berbagai barang bawaan tanpa masalah.

Kap mesin sedan yang panjang berakhir dengan sebuah buritan yang entah mengapa terlihat lebih sporty dan lebih menarik, ini adalah mistis sebuah wagon yang bersumber dari sebuah sedan sporty seperti Seri 3.

Desain lampu belakang futuristik seperti versi sedan (Image: BMW Indonesia)

Varian yang diluncurkan adalah BMW 320i Touring M Sport dan ini adalah pertama kalinya Seri 3 berbody Touring dijual secara resmi di Indonesia, dengan varian ini BMW Indonesia menjual Seri 3 dengan lengkap.

Mobil ini mempunyai basis Seri 3 generasi ke-7 (G20) yang memiliki perubahan yang signifikan jika dibanding generasi sebelumnya, dengan desain yang lebih menarik serta futuristik sampai ke sasis dan handling yang lebih sporty.

Rigiditas bodi mobil ini meningkat sekitar 25% secara keseluruhan bahkan hingga 50% di beberapa bagian. Plus, BMW Seri 3 Touring terbaru ini memiliki pusat gravitasi rendah dan distribusi berat seimbang 50:50. Aerodinamika yang dioptimalkan membuat drag coefficientnya mencapai angka 0,27.

Bodynya lebih panjang 76 mm, dibandingkan dengan pendahulunya, menjadi 4.709 mm, lebih lebar 16 mm menjadi 1.827 mm, dan lebih tinggi 8 mm menjadi 1.470 mm. Sedangkan jarak sumbu roda lebih panjang 41 mm menjadi 2.851 mm.

Varian ini dilengkapi dengan mesin entri level bagi Seri 3, yaitu mesin turbo empat-silinder 2,000 cc yang menghasilkan tenaga 184 tenaga kuda dan torsi 300 Nm, sehingga dapat berakselerasi dari 0-100 km/jam hanya dalam 7.5 detik. Dengan konsumsi bahan bakar yang diklaim 14.9 km/l dan emisi CO2 152 g/km.

Mobil yang dipamerkan ketika launching memiliki cat berwarna biru dengan High-Gloss Shadow Line yang memberikan detail tambahan di bagian jendela dan pilar-pilar. Seperti versi sedannya, mobil ini juga dilengkapi dengan BMW Laserlight yang merupakan varian lampu depan teratas dari BMW.

Velg 19 inci BMW Individual Double-spoke style 793 I Bi-colour orbit grey matt (Image: BMW Indonesia)

Menyempurnakan nuansa sporty varian ini adalah velg 19 inci BMW Individual Double-spoke style 793 I Bi-colour orbit grey matt dengan ban 225/40 R19 – 255/35 R19. Kendaraan ini juga memiliki rem M Sport dengan kaliper empat piston di depan dan kaliper dua piston di bagian belakang, sementara kaliper yang dicat biru ini juga diembos dengan logo BMW M.

Di bagian suspensi mobil ini memiliki peredam yang dikontrol secara elektronik, dengan dua varian suspensi opsional, yang masing-masing terhubung dengan teknologi kemudi sport variable. Seperti versi sedannya yang kita sudah coba sebelumnya, mobil ini sepertinya akan memberikan bantingan yang cukup empuk sebagai kendaraan harian dan tetap memiliki handling yang cukup tajam jika diperlukan.

Di dalamnya sesuai trim M Sport mobil ini memiliki roda kemudi leather BMW M Sport, jahitan kontras Alcantara/Sensatec – Black  berkombinasi Hitam – Biru dengan sabuk pengaman BMW M dan embellisher galvanis untuk panel kontrol.

Lingkar kemudi BMW M (Image: BMW Indonesia)

Ruang bahu di bagian depan kabin diperbesar secara signifikan, dan kendaraan baru ini menawarkan ruang kepala lebih banyak dibandingkan pendahulunya. Selain itu, kompartemen belakang berikan penumpang ruang kaki ekstra dan kemudahan masuk dan keluar yang lebih optimal – serta privasi dengan Roller-sunblind.

Bangku belakang mengakomodasi tiga kursi anak, yang dua di antaranya dapat dipasang dengan titik-titik penghubung ISOFIX serta dilengkapi dengan sistem pendingin udara 3-zona otomatis. Membuatnya lebih mewah, mobil ini juga memiliki sebuah panoramic glass-roof yang dapat meningkatkan rasa lapang bagi semua penumpang.

Panoramic glass room memberi kesan ruang yang lebih lapang (Image: BMW Indonesia)

Pintu bagasi mobil ini memiliki tailgate otomatis dengan Comfort Access 2.0 yang memungkinkan pembukaan dan penutupan pintu tanpa sentuhan saat pengemudi meninggalkan atau mendekati kendaraan. Jendela belakang dapat dibuka secara terpisah – sebuah fitur yang biasa bagi pelanggan BMW dan aperturnya lebih lebar 20 mm dibandingkan model sebelumnya.

Memasukkan barang-barang berukuran besar semakin mudah, berkat lebar kompartemen yang bertambah 112 mm, serta derajat buka 30 mm lebih tinggi dan juga 125 mm lebih lebar di bagian atasnya.

Mobil ini memiliki volume bagasi sebesar 500 liter – lima liter lebih banyak dari generasi sebelumnya – saat semua bangku ditempati, maka kapasitas muatan utama yang dapat digunakan otomatis bertambah 32 liter. Kapasitas muatan dapat ditingkatkan hingga maksimum 1.510-liter dengan melipat sandaran belakang 40:20:40. Bagian sandaran belakang tersebut juga dapat dilepaskan dari ruang bagasi hanya dengan menekan sebuah tombol.

Memudahkan penggunanya, mobil ini seperti versi sedannya juga mempunyai Parking Assistant yang mampu melakukan akselerasi, pengereman, dan penggantian gigi melalui transmisi Steptronic saat berkendara masuk dan keluar dari tempat parkir, sehingga pengemudi hanya perlu siaga. Berbagai fungsinya juga termasuk reverse assistant, yang dengan mudah mengatur kendaraan mundur hingga 50-meter mengikuti jalur yang sama pada saat bergerak maju.

Entertainment systemnya menggunakan BMW Operating System 7.0 yang baru. Dengan BMW Live Cockpit Professional yang terdiri dari display yang dirancang secara konsisten, sesuai kebutuhan, dan dapat disesuaikan  sesuai kebutuhan pada cluster instrumen 12.3 inci yang sepenuhnya digital dan Display Control 10.25 inci.

Untuk pengoperasian yang intuitif, pengemudi dapat memilih dari fungsionalitas layar sentuh Control Display, iDrive Controller, tombol roda kemudi, kontrol suara dan kontrol isyarat (Gesture Control).

Tampilan Seri 3 Touring yang tampak kekar dari atas (Image: BMW Indonesia)

Elemen lain dari BMW Live Cockpit Professional adalah BMW Intelligent Personal Assistant, di mana pengguna bisa melakukan perintah suara dengan mengatakan “Hey BMW”. Perintah yang bisa dilakukan seperti mengatur multimedia yang disalurkan ke sound system dari Harman Kardon. All-new BMW 320i Touring M Sport ini juga dilengkapi dengan Apple CarPlay nirkabel.

All-new BMW 320i Touring M Sport hanya akan tersedia 25 unit dan hanya bisa dipesan melalui Official Store BMW di Tokopedia sampai persediaan habis dengan harga Rp. 1.289.000.000,- off-the-road.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: