Bugatti rilis Chiron Super Sport yang bisa ngebut sampai 440 km/h dan berharga Rp 55,6 miliar

Produsen hyper sports car, Bugatti baru saja merilis varian terkencang kedua Chiron dengan Bugatti Chiron Super Sport yang berharga 3,2 juta Euro atau Rp 55,6 miliar.

Mobil ini memiliki mesin yang sama dengan Chiron Super Sport 300+ tapi dengan limiter top speed dan kualitas berkendara yang lebih baik untuk harian.

Chiron Super Sport memiliki performa yang lebih kencang dibandingkan Chiron Sport dengan top speed yang mencapai 440 km/h dan berbagai pembaharuan di sasis serta exterior.

“Dengan Chiron Super Sport, kami mengikuti tradisi lama kami dalam menggabungkan kecepatan tertinggi dengan kemewahan mutlak,” kata Stephan Winkelmann, Presiden Bugatti.

Bugatti Chiron Super Sport didesain untuk performa maksimal, ini bisa dilihat dari bentuknya yang aerodinamis, mengikuti filosofi Bugatti akan bentuk yang mengikuti fungsi. Mulai dari splitter depan sampai diffuser belakang, tiap sentimeter body mobil ini didesain untuk kecepatan tertinggi.

Mesin mobil ini juga mendapatkan sentuhan khusus. Bugatti telah merombak mesin W16 8.000 cc untuk Bugatti Chiron Super Sport, sehingga menambah output puncak mesin sampai 1.577 hp atau hampir 100 hp lebih besar dibandingkan Chiron Sport.

Para insinyur Bugatti telah mengubah turbocharger, pompa oli, kepala silinder, dan juga transmisi beserta koplingnya. Hasilnya selain performa yang meningkat, bobot mesin ini juga berkurang 23 kilogram.

Untuk lebih memacu adrenalin penggunanya, Bugatti Chiron Super Sport memiliki redline yang 300 rpm lebih tinggi sampai 7,100 rpm. Torsi raksasa 1.600 mobil ini juga sekarang bisa didapatkan mulai dari 2.000 rpm sampai 7.000 rpm, dari sebelumnya hanya sampai 6.000 rpm.

Dengan performa yang lebih buas, Bugatti Chiron Super Sport bisa berakselerasi dari diam ke 200 km/h dalam 5,8 detik dan ke 300 km/h dalam 12.1 detik. Chiron Super Sport sendiri berakselerasi ke 400 km/h sekitar 7% lebih cepat dari Chiron biasa.

Untuk mendapatkan sensasi kecepatan secara konstan, Bugatti telah membuat boost pressure tetap dekat ke tingkatan maksimum dengan hanya turun selama 0,3 detik selama perpindahan gigi sebelum kembali ke boost pressure maksimal yang mencapai 2,8 bar.

Untuk menambah performa aerodinamika, Buggati Chiron Super Sport memiliki bagian belakang yang lebih panjang atau sering disebut juga dengan long tail. Bagian belakang lebih panjang 25 sentimeter untuk menahan lajur laminar di body sepanjang mungkin. Bagian diffuser belakang juga memiliki bagian cross-section yang diperbesar yang mengurangi hambatan angin.

Dari luar, Bugatti Chiron Super Sport akan mudah dikenali lewat tailpipenya yang diposisikan ulang. Untuk memberikan ruang lebih besar bagi diffuser, Bugatti telah telah memindahkan tailpipe dari tengah ke bagian samping dan disusun secara vertikal.

Di bagian depan mobil terbaru ini memiliki air curtain disamping air intake untuk mendapatkan aliran udara yang lebih baik ke bagian roda, radiator, dan mengurangi hambatan udara. Lampu depan juga memiliki desain yang menukik untuk tampilan yang lebih agresif.

Salah satu detail menarik lainnya adalah sembilan lubang udara di fender depan yang terinspirasi dari Bugatti EB 110 Super Sport, yang juga berfungsi untuk melepaskan tekanan udara di roda depan.

Untuk bagian pelek, Bugatti Chiron Super Sport memiliki opsi eksklusif yaitu pelek alumunium berdesain five-y-spoke yang juga bisa dipilih dengan finishing diamond-cut. Selain itu pelek magnesium Chiron Pur Sport yang ikonik dan ringan juga bisa menjadi pilihan.

Masuk ke dalam interiornya, mobil terbaru ini tetap menawarkan kenyamanan dan kemewahan khas Bugatti. Kokpit mobil ini dibalut dengan kulit yang dikombinasikan dengan alumunium yang dipoles dan carbon fiber yang canggih.

Bugatti juga mengembangkan sasis baru khusus untuk kecepatan tinggi dan aerodinamika baru Chiron Super Sport.

Sistem kemudi dan peredam menciptakan koneksi yang lebih kencang dan kaku ke kendaraan, menghasilkan kemudi yang lebih kencang untuk gerakan kemudi yang lebih halus.

Suspensi yang lebih keras menstabilkan seluruh kendaraan pada kecepatan tertinggi, dan para teknisi juga menyetel ulang sasis yang dikontrol secara elektronik. Ini mengatur pengaturan secara real-time dalam hitungan enam milidetik dan menyesuaikan dengan perilaku mengemudi. Ada empat pilihan mode berkendara – EB, Handling, Autobahn, dan Top Speed.

Untuk mendukung performanya, mobil terbaru ini menggunakan ban Michelin Pilot Sport Cup 2 yang baru dikembangkan. Ban ini telah dioptimalkan untuk kecepatan tertinggi menawarkan kekakuan dan kehalusan yang lebih besar daripada ban yang dioptimalkan untuk cengkeraman yang dipasang pada Chiron Pur Sport.

Terlebih lagi, ini adalah satu-satunya ban yang dapat secara konsisten melaju hingga 500 km/jam. Hal ini dimungkinkan oleh sabuk yang diperkuat yang dapat mengatasi kekuatan besar – diverifikasi di bangku uji yang awalnya dibuat untuk Pesawat Ulang-alik. Setiap ban dirontgen setelah produksi untuk menyingkirkan penyimpangan yang paling kecil sekalipun.

Bugatti akan segera memulai pembuatan Chiron Super Sport di Molsheim, Prancis. Pengiriman mobil hyper sport dengan banderol harga 3,2 juta euro (netto) ini dijadwalkan mulai awal 2022.

Tentunya mobil Bugatti hanya tersedia dengan konfigurasi stir di sebelah kiri, sehingga tidak bisa dikendarai secara resmi di jalanan Indonesia dan hanya bisa digunakan di jalan pribadi atau sirkuit.

Bagi yang tertarik, dealer Bugatti bagi wilayah Asia Tenggara adalah Wearnes Automotive yang berbasis di Singapura dan bisa dihubungi di http://www.wearnesauto.com.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: